Laman

Jumat, 27 Agustus 2010

RPP MENCIPTAKAN DAN MENGEMBANGKAN NASKAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 2 / Genap
Pertemuan ke : 1, 2
Alokasi waktu : 2 x 3 x 45’
Standar kompetensi : Menciptakan dan Mengembangkan Naskah Untuk Dokumen
Kompetensi dasar : Kebiasaan aman dalam pelatihan-pelatihan kerja
Indikator :
a. Lingkungan kerja, peralatan dan perlengkapan diatur untuk disesuaikan dengan permintaan ergonomic dari sipemakai
b. Organisasi kerja memenuhi permintaan organisasional dan undang-undang untuk operasi komputer
c. Teknik-teknik konservasi sumber tenaga dan energi digunakan untuk memperkecil pemborosan yang berdasarkan atas permintaan organisasi dan undang-undang

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
1. Mempraktekkan/menerapkan sikap duduk dengan punggung tegak, kaki kanan agak maju dari kaki kiri
2. Sandaran dan tinggi kursi diatur sesuai tinggi badan
3. Hemat dalam menggunakan daya listrik
4. Hemat dalam menggunakan kertas tinta/cartridge
5. 5 R terhadap bahan dan alat yang dipakai
2. Dampak Pengiring :
 Peduli terhadap kesehatan dan penghematan

II. Materi Ajar :
1. Kesehatan dalam bekerja : cara duduk yang benar, posisi meja dan kursi kerja disesuaikan dengan postur tubuh
2. Keselamatan dalam kerja : periksa kabel, stop kontak, kapasitas listrik
3. Penghematan daya listrik dan kertas

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : CTL → Metode Pembelajaran Langsung dan Metode Cooperative → Ceramah, Demontrasi, Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan memberikan contoh ada seorang sekretaris yang mengeluh menderita pembengkakan pada tangannya akibat pengaruh penggunaan mouse komputer, juru ketik yang merasa pundaknya nyeri, dan tukang gergaji yang menderita kecelakaan saat bekerja serta beberapa contoh lainnya yang berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan kerja.
2 Kegiatan inti
a. Guru memberikan informasi mengenai ergonomic, sikap-sikap (duduk, jongkok, berdiri) yang baik dalam bekerja keamanan kerja.
b. Guru meminta siswa untuk mencoba memperagakan materi yang dibahas.
c. Guru memberikan penghargaan terhadap peragaan siswa
d. Guru menjelaskan kembali informasi mengenai keamanan kerja.
e. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk secara berkelompok mendiskusikan cara bekerja/belajar mereka atau orang lain yang pernah mereka temui
f. Guru mengamati proses pembelajaran yang berlangsung : kreativitas, kerjasama, unjuk kerja, atau tanggung jawab masing-masing siswa.
g. Kelompok siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pembahasan mereka.
h. Guru mengamati saling menghormati dan menghargai pendapat temannya
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 2

1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan memberikan pemahaman dan kasus tentang krisis energi listrik yang sedang terjadi, kondisi-kondisi yang dialami perusahaan dan negara menyangkut krisis finansial dan dihubungkan juga dengan cara bekerja karyawan/pegawai sehubungan krisis yang terjadi.
2 Kegiatan inti
a. Guru mereview kembali materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya
b. Guru menjelaskan materi tentang gerakan penghematan dalam kerja.
c. Guru meminta beberapa siswa untuk mencoba memberikan contoh dalam kehidupan mereka sehubungan dengan gerakan penghematan.
d. Guru memberikan penghargaan terhadap pendapat dan tindakan yang telah dilakukan siswa
e. Guru menjelaskan kembali materi tentang 5 R dalam kerja
f. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti sehubungan dengan materi yang telah dipelajari selama 2 pertemuan dan menjelaskan kembali hal tersebut.
g. Guru memberikan latihan soal dan tugas untuk dikerjakan siswa dalam kelas 3 Penutup a. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
V. Bahan bacaan :
- Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah karangan Anah Tiranda
- Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah karangan Rina Puspita Dewi, SE, penerbit Yudhistira (2008)
- Administrasi Perkantoran Modern/Manajemen Perkantoran Modern karangan The Liang Gie
- Modul K3 kerja
- Suntingan naskah dari internet tentang 5 R

VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, dan sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/ Kerjasama
1 2 3 1 2 3 1 2 3

Penilaian Sikap
Aspek yang dinilai 1 2 3
1. Sikap duduk dengan punggung tegak, kaki kanan agak maju dari kaki kiri
2. Keberanian/percaya diri untuk tampil memperagakan cara duduk
3. Kreatifitas dalam memanfaatkan fasilitas kerja yang terbatas
4. Kerjasama dalam mempersiapkan fasilitas kerja kelompok dan berdiskusi


VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1) Jelaskan apa pengertian dari ergonomi.
2) Jelaskan posisi duduk yang baik dalam bekerja.
3) Sebutkan masing masing 2 contoh kondisi berbahaya dalam lingkungan kerja dan tindakan-tindakan yang mengandung resiko dalam bekerja.
4) Kemukakan masing-masing 2 contoh gerakan penghematan listrik dan penghematan fasilitas kerja dalam kantor
5) Jelaskan dengan singkat yang dimaksud dengan 5R
b. Kunci Soal :
1) Ergonomi adalah penyesuaian antara kemampuan tubuh manusia dengan tugas kerja (termasuk peralatan/fasilitas kerja mereka serta lingkungan kerja).
2) Posisi duduk pada otot rangka dan tulang belakang tegak terutama pada pinggang harus dapat ditahan oleh sandaran kursi dan ketika duduk kaki harus berada pada alas kaki dan dalam sikap duduk dapat bergerak dengan relaksasi.
3) Kondisi berbahaya :
• Alat dan peralatan yang sudah tidak layak
• Terjadi kemacetan (congestion)
• Ada api dan di tempat berbahaya
• Alat penjaga/pengaman gedung kurang standar
• Kondisi suhu (atmosfir) yang membahayakan : terpapar gas, fumes, dan lain-lain
• Terpapar bising
• Terpapar radiasi
• Pencahayaan dan ventilasi yang kurang ataupun berlebihan
Tindakan berbahaya :
• Menjalankan pekerjaan tanpa mempunyai kewenangan (bekerja bukan pada kewenangannya)
• Menjalankan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kecepatan geraknya
• Memakai alat pelindung diri hanya berpura-pura
• Menggunakan peralatan yang tidak layak
• Bekerja berlebihan/melebihi jam kerja di tempat kerja
• Mengangkat/mengangkut beban yang berlebihan
• Peminum/pemabuk/mengkonsumsi narkoba
4) Penghematan energi listrik :
- Padamkan alat-alat listrik yang tidak terpakai (lampu, mesin-mesin, AC)
- Ganti lampu pijar yang digunakan dengan lampu hemat energi yang punya daya watt lebih kecil tapi kemampuan cahayanya lebih besar.
- Ganti pemakaian AC dengan jalan membuka jendela lebar-lebar agar sirkulasi udara dapat leluasa masuk. Selain itu cahaya matahari juga dapat masuk sehingga lampu tidak perlu dinyalakan
Penghematan fasilitas kerja :
- Untuk setiap barang perbekalan tatausaha yang banyak pemakaiannya hendaknya dibuatkan spesifikasinya sehingga tidak akan terjadi salah be Ii, terutama membeli dalam mutu yang lebih rendah
- Pembuatan warkat-warkat hendaknya dilakukan dalam jumlah yang sungguh-sungguh diperlukan sehingga tidak menghamburkan material
- Setiap pemakaian material tatausaha hendaknya dapat diperhitungkan banyaknya dan dipertanggungjawabkan pentingnya
- Bila perlu dan tidak menimbulkan beban kerja banyak, benda-benda sisa hendaknya memanfaatkan kembali atau dipakai untuk keperluan-keperlu¬an lainnya
- Bagi mesin Kantor dan peralatan tatausaha lainnya hendaknya disusun jadwal perawatan yang teratur agar alat-alat tersebut dapat dipakai secara lancar dan mencapai umur teknis yang terlama

5) 5 R adalah :
5R sebagai sarana mencapai efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan kerja yang banyak diterapkan dalam perusahaan-perusahaan maju dan modern baik di Jepang maupun di negara barat.
- Ringkas (Seiri): Singkirkan barang yang tidak perlu.
- Rapi (Seiton): Penyimpanan barang sesuai dengan tempatnya.
- Resik (Seiso): Membersihkan berarti memeriksa.
- Rawat (Seiketsu): Menghindari ketidakpastian/ketidaksesuaian.
- Rajin (Shitsuke): Norma kerja produktif selalu dipatuhi.
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.
2. Tugas praktek :
Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang masalah sikap-sikap dalam bekerja yang menimbulkan masalah bagi keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.


Mengetahui : Kalosi, 20 Januari 2009
Kepala SMK Negeri 1 Enrekang, Guru Mata Diklat,


Drs. ABD.RAHIM L. ANAH TIRANDA,S.Pd.
NIP. 131595793 NIP.132252957

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 2/ Genap
Pertemuan ke : 3, 4, 5, 6
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’
Standar kompetensi : Menciptakan dan Mengembangkan Naskah Untuk Dokumen
Kompetensi dasar : Menetapkan ukuran-ukuran bagi struktur dan bentuk dokumen naskah
Indikator :
 Permintaan-permintaan organisasional untuk dokumen-dokumen bisnis naskah dasar diteliti untuk meyakinkan konsistensi dari gaya bahasa dan kesan
 Permintaan-permintaan tugas untuk bentuk dokumen-dokumen bisnis naskah dasar menentukan untuk memenuhi tujuan-tujuan organisasional
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah berakhirnya pembelajaran diharapkan siswa mampu :
• Melakukan pengorganisasian kerja
• Mendokumenkan naskah-naskah bisnis
• Mengidentifikasi organisasi bisnis
• Mengembangkan dokumen-dokumen bisnis

II. Materi Ajar :
• Keorganisasian
• Dokumen-dokumen bisnis
III. Strategi dan Metode Pembelajaran : CTL → Metode Pembelajaran Langsung dan Metode Cooperative → Ceramah, Demontrasi, Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 3

1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan menggali kembali materi dari pelajaran manajemen tentang organisasi
2 Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan materi pengertian organisasi, tujuan organisasi, asas-asas organisasi
b. Guru memberikan beberapa latihan soal untuk dikerjakan dalam kelas
c. Guru menjelaskan materi bentuk dan struktur organisasi
d. Guru meminta siswa untuk melihat kembali latihan soal yang telah dikerjakan dan bersama-sama siswa membahas jawabannya dimana beberapa siswa diminta untuk memberikan jawabannya.
e. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
f. Guru meminta siswa mengumpulkan tugas latihan tadi untuk diperiksa
3 Penutup
a. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk membuat bagan dan struktur organisasi pada selembar karton manila.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 4
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan menggali kembali materi dari pelajaran melakukan prosedur administrasi
2 Kegiatan inti
a. Setelah guru mereview ingatan siswa tentang materi dari pelajaran melakukan prosedur administrasi yang berhubungan pelajaran hari ini, guru mengulas kembali hal-hal yang masih kurang dipahami siswa dan menjelaskan materi ukuran-ukuran bagi struktur dan bentuk dokumen naskah
b. Guru memberikan beberapa latihan soal untuk dikerjakan dalam kelas
c. Guru menjelaskan materi surat niaga
d. Guru meminta siswa untuk melihat kembali latihan soal yang telah dikerjakan dan bersama-sama siswa membahas jawabannya dimana beberapa siswa diminta untuk memberikan jawabannya.
e. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
f. Guru meminta siswa mengumpulkan tugas latihan tadi untuk diperiksa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 5
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa latihan soal
2 Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan materi dokumen-dokumen bisnis
b. Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal yang telah diberikan pada awal pertemuan.
c. Guru memperhatikan keadaan kelas memantau keaktifan siswa untuk mengerjakan tugas.
d. Guru bersama siswa membahas jawaban dari latihan soal
e. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum dimengerti.
f. Mengumpulkan pekerjaan
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 6
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib ulangan
2 Kegiatan inti
a. Guru memberikan kesempatan siswa untuk belajar merefresh kembali materi yang dipelajari.
b. Guru membagikan lembar soal.
c. Siswa segera mengerjakan soal dan Guru mengawasi kerja siswa
d. Guru mengumpulkan kembali jawaban siswa
e. Guru membahas jawaban tes yang telah diberikan
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa mengungkapkan kesulitan soal dikerjakan
b. Siswa segera membereskan ruangan yang dipakai tes.
V. Bahan bacaan :
- Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah karangan Anah Tiranda
- Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah karangan Rina Puspita Dewi, SE, penerbit Yudhistira (2008)
- Buku-buku tentang Organisasi dan Surat Menyurat

VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/ Kerjasama
1 2 3 1 2 3 1 2 3


VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1). Jelaskan pengertian organisasi
2). Jelaskan secara singkat 2 macam struktur organisasi yang engkau ketahui.
3). Sebutkan jenis-jenis surat niaga yang engkau ketahui.
4). Apakah arti istilah-istilah bisnis berikut : rabat , tarra, F.O.S (Free on Station), C.O.D. (Cash on delivery),C&C (Cash and Carry) .
5). Jelaskan dengan singkat dokumen bisnis berikut : Kuitansi, Invoice /faktur, Konosemen, Packing list

b. Kunci Soal :
1) Organisasi adalah :
a. Sebagai bentuk kerjasama manusia untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan (suatu system)
b. Sebagai wadah kegiatan kerjasama
c. Sebagai alat untuk mencapai tujuan
2) Stuktur organisasi :
- Organisasi Lini
Organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara veritikal antara atasan dan bawahan. Tidak ada pembedaan atara pelaksana tugas pokok dan tugas penunjang
- Organisasi Lini dan Staff
Dalam organisasi lini dan staf diadakan pembedaan antara unit pelaksana tugas pokok (Iini) dan unit penunjang (staf).
- Organisasi Fungsional
Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana pimpinan tertinggi melimpahkan wewenangnya kepada kepala unit struktural yang memimpin kelompok yang menduduki jabatan fungsional
- Organisasi Lini dan Fungsional
Suatu bentuk organisasi dimana pimpinan tertinggi melimpahkan wewenangnya kepada para pejabat fungsional
3) Jenis-jenis surat, antara lain :Inquiry letter (surat permintaan penawaran/informasi), Offering/sales letter(surat penawaran), Reply to inquiry (balasan inquiry), Ordering letter (surat pesanan), Reference letter (surat referensi), Excecution of order (surat pengiriman barang pesanan), Complaints letter (surat keluhan/pengaduan), Adjustments letter (surat penyelesaian perihal pengaduan), Remittance letter (surat penyelesaian pembayaran), Circular letter (surat edaran), Collection letter (surat penagihan)
4) Arti istilah bisns = Rabat, adalah potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli, karena membeli dalam jumlah yang banyak Rafaksi, adalah potongan yang diberikan kepada pembeli karena kualitas barang yang dikirimkan penjual kepada pembeli lebih rendah daripada contohnya. .F.O.S (Free on Station), artinya ongkos angkutan sampai barang itu di stasiun ditanggung oleh penjual. C&C (Cash and Carry), artinya harga barang dibayar dahulu baru barangnya diterima.
5) Kuitansi yaitu alat bukti tertulis pada waktu pembayaran atau penyerahan se¬jumlah uang, dimana penerima uang harus menulis nama yang menyerahkan uang, jumlah uang yang diterimanya, bila jumlah yang diterima besar, pene¬rima uang harus menandatangani diatas materai Invoice (faktur) adalah daftar perhitung¬an atas barang-barang yang diperjual¬belikan. Konosemen adalah sebuah surat angkut bila barang-barang dikirimkan dengan kapal laut. Packing list adalah daftar perincian ba¬rang yang ada dalam peti yang gunanya untuk memudahkan mengetahui isi barang dalam peti.
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.
2. Tugas rumah : Membuat struktur dan bagan organisasi


Mengetahui : Kalosi, 22 Januari 2009
Kepala SMK Negeri 1 Enrekang, Guru Mata Diklat,


Drs. ABD.RAHIM L. ANAH TIRANDA,S.Pd.
NIP. 131595793 NIP.132252957

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 2 / Genap
Pertemuan ke : 9, 10, 11, 12
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’
Standar kompetensi : Menciptakan dan Mengembangkan Naskah Untuk Dokumen
Kompetensi dasar : Bentuk-Bentuk Dokumen Naskah
Indikator :
• Perlengkapan dan struktur dokumen naskah dibentuk sesuai dengan tujuan, para pendengar, dan permintaan informasi dari tujuan tersebut
• Dokumen naskah dibentuk untuk meningkatkan keadaan yang dapat dibaca dan penampilan ke dalam memenuhi permintaan-permintaan organisasional serta tugas untuk gaya bahasa dan perlengkapan
• Bentuk gaya bahasa dan fungsi-fungsi otomatis digunakan untuk meyakinkan konsistensi dari bentuk dan perlengkapan

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah berkhirnya pembelajaran diharapkan siswa :
1) Dapat membuat format-format formulir dengan rapi dalam waktu maksimal 20 menit/format
2) Memperhatikan tata bahasa dan gaya bahasa dalam penulisan dokumen
3) Mengembangkan dokumen-dokumen bisnis dengan tata bahasa dan gaya bahasa yang baik
4) Membuat dokumen dengan gaya bahasa yang konsisten dari bentuk dan perlengkapan

II. Materi Ajar :
Dokumentasi Kantor (Pembuatan Format Formulir)

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Pendekatan Keterampilan Proses, Metode Cooperative learning, Penugasan, Ceramah, Demontrasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 9
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja

2 Kegiatan inti
a. Guru memberikan cek kemampuan siswa untuk menginventarisir pengetahuan dan keterampilan yang masih kurang dimiliki siswa.
b. Guru membagikan lembar materi singkat pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan dalam kompetensi dasar ini.
c. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi tersebut
d. Guru memberikan kesempatan siswa mengungkapkan hal-hal yang belum dipahami dari materi yang ada.
e. Guru menjelaskan kembali materi pelajaran yang terkait
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas serta kesulitan apa yang ditemui dalam pengerjaan tugas.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 10
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan memberikan pertanyaan apa-apa yang mereka terima saat pendaftaran masuk sekolah dan harus mereka isi. Dilanjutkan dengan penjelasan materi
2 Kegiatan inti
a. Guru memberikan penjelasan materi beberapa bentuk format dalam kantor beserta penjelasan cara pembuatannya dengan menggunakan komputer
b. Guru membagikan lembar latihan praktek kemudian meminta siswa mengamati tugas yang akan dikerjakannya dan meminta siswa bertanya hal yang tidak dimengertinya dari tugas tersebut.
c. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mengerjakan latihan seraya guru memanggil para ketua kelompok dan memberikan contoh cara penyelesaian tugas tersebut
d. Ketua kelompok diminta kembali ke kelompoknya dan menjelaskan kembali ke kelompoknya masing-masing.
e. Guru mengamati jalannya pembelajaran
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas serta kesulitan apa yang ditemui dalam pengerjaan tugas.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 11
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Penyampaian hal-hal yang perlu menjadi perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran hari ini sebagai evaluasi dari pertemuan sebelumnya.
2 Kegiatan inti
a. Guru membagikan lembar latihan praktek kemudian meminta siswa mengamati tugas yang akan dikerjakannya dan meminta siswa bertanya hal yang tidak dimengertinya dari tugas tersebut.
b. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mengerjakan latihan seraya guru memanggil para ketua kelompok dan memberikan contoh cara penyelesaian tugas tersebut
c. Ketua kelompok diminta kembali ke kelompoknya dan menjelaskan kembali ke kelompoknya masing-masing.
d. Guru mengamati jalannya pembelajaran sambil melakukan penilaian
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas serta kesulitan apa yang ditemui dalam pengerjaan tugas.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 12
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
2 Kegiatan inti
(2 sessi)@ 55
a. Guru memanggil siswa yang akan mengikuti tes lebih dahulu
b. Guru membagikan lembar soal.
c. Siswa segera mengerjakan soal dan Guru mengamati proses kerja siswa satu persatu
3 Penutup
a. Siswa segera membereskan ruangan yang dipakai tes.
V. Bahan bacaan : - Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah untuk Dokumen halaman 27-34, karangan Rina Puspita Dewi, SE, penerbit Yudhistira (2008)
- Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah untuk Dokumen halaman 26 karangan Anah Tiranda, S.Pd. (2004)
- Tip dan Trik Windows XP, penerbit Andi

VI. Penilaian:
a. Jenis tagihan : unjuk kerja (praktek), pekerjaan rumah
b. Format penilaian :
Penilaian unjuk kerja
NO Kompetensi Dasar dan Indikator kerja Indikator keberhasilan Penilaian
YA TIDAK
9 8 7 <7
1
Bentuk-Bentuk Dokumen Naskah
 Perlengkapan dan struktur dokumen naskah dibentuk sesuai dengan tujuan, para pendengar, dan permintaan informasi dari tujuan tersebut
 Dokumen naskah dibentuk untuk meningkatkan keadaan yang dapat dibaca dan penampilan ke dalam memenuhi permintaan-permintaan organisasional serta tugas untuk gaya bahasa dan perlengkapan
 Bentuk gaya bahasa dan fungsi-fungsi otomatis digunakan untuk meyakinkan konsistensi dari bentuk dan perlengkapan

• Pembuatan format formulir/ dokumen
- Dibuat dengan menggunakan program yang diperintahkan
- Bentuk format sesuai dengan contoh yang diberikan
- Struktur susunan format sesuai dengan contoh yang diberikan
- Jenis dan banyaknya format sesuai dengan yang diminta
- Waktu pengerjaan format sesuai dengan ketentuan

• Penggunaan alat dan fasilitas kerja
VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes : (terlampir)
b. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan lembar praktek kerja
2. Tugas rumah :
- Carilah 5 contoh format yang biasanya ada dalam suatu kantor
- Buatlah kembali format tersebut


Mengetahui : Kalosi, 23 Januari 2009
Kepala SMK Negeri 1 Enrekang, Guru Mata Diklat,


Drs. ABD.RAHIM L. ANAH TIRANDA,S.Pd.
NIP. 131595793 NIP.132252957



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 2 / Genap
Pertemuan ke : 13, 14, 15, 16
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’
Standar kompetensi : Menciptakan dan Mengembangkan Naskah Untuk Dokumen
Kompetensi dasar : Menghasilkan Dokumen-dokumen Naskah
Indikator :
- Fungsi-fungsi perangkat lunak tingkat tinggi digunakan untuk memungkinkan produksi yang efisien bagi dokumen-dokumen naskah
- Naskah dan data lainnya dimasuk atau diimport, dan diedit untuk memenuhi spesifikasi-spesifikasi yang diminta
- Dokumen-dokumen naskah ditunjukkan, disesuaikan, dan dicetak berdasarkan dengan permintaan-permintaan tugas dan organisasi
- Dokumen-dokumen naskah diberi nama dan disimpan, berdasarkan oleh permintaan-permintaan organsisasi dan surat lamaran dikeluarkan tanpa kehilangan/ kerusakan informasi
- Dokumen-dokumen naskah dipersipkan dalam menunjukkan design yang berketetapan waktu dan permintaan organisasi
- Manual, pengguna dokumentasi dan bantuan on line digunakan untuk mengatasi masalah-masalah

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah berakhirnya pembelajaran diharapkan siswa :
- Menjelaskan tata cara menulis, membaca dan menyalin dengan baik dan benar.
- Menulis dan menyusun naskah sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan kaidah bahasa informasi
- Membuat berbagai naskah dengan menggunakan mesin kantor yang tepat

II. Materi Ajar :
- Syarat-syarat pengorganisasian yang berhubungan dengan gaya bahasa, penyajian dan penyimpanan naskah
- Tata cara menulis, membaca, dan menyalin
- Tingkat kebutuhan dalam ketelitian naskah
- Batas waktu untuk menghasilkan naskah

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Pendekatan Keterampilan Proses, Metode Cooperative learning, Penugasan, Ceramah, Demontrasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 13
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
2 Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan materi Menghasilkan Dokumen Naskah
b. Guru membagikan lembar materi singkat dan contoh-contoh surat baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
c. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi tersebut
d. Guru memberikan kesempatan siswa mencoba membuat konsep surat sesuai tugas yang ada pada lembar tugas
3 Penutup
a. Meminta siswa untuk melanjutkan tugas yang belum selesai di rumah
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 14
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
2 Kegiatan inti
a. Guru menanyakan hal-hal apa yang menjadi kendala dalam pembuatan tugas pada pertemuan sebelumnya
b. Guru membagikan lembar latihan praktek kemudian meminta siswa mengamati tugas yang akan dikerjakannya dan meminta siswa bertanya hal yang tidak dimengertinya dari tugas tersebut.
c. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mengerjakan latihan seraya guru memanggil para ketua kelompok dan memberikan contoh cara penyelesaian tugas tersebut
d. Ketua kelompok diminta kembali ke kelompoknya dan menjelaskan kembali ke kelompoknya masing-masing.
e. Guru mengamati jalannya pembelajaran
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas serta kesulitan apa yang ditemui dalam pengerjaan tugas.
b. Guru meminta siswa melanjutkan tugas di rumah dan mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 15
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Penyampaian hal-hal yang perlu menjadi perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran hari ini sebagai evaluasi dari pertemuan sebelumnya.
2 Kegiatan inti
a. Guru membagikan lembar latihan praktek kemudian meminta siswa mengamati tugas yang akan dikerjakannya dan meminta siswa bertanya hal yang tidak dimengertinya dari tugas tersebut.
b. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk mengerjakan latihan seraya guru memanggil para ketua kelompok dan memberikan contoh cara penyelesaian tugas tersebut
c. Ketua kelompok diminta kembali ke kelompoknya dan menjelaskan kembali ke kelompoknya masing-masing.
d. Guru mengamati jalannya pembelajaran dan melakukan penilaian
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas serta kesulitan apa yang ditemui dalam pengerjaan tugas.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 16
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
2 Kegiatan inti
(2 sessi)
@ 55

a. Guru memanggil siswa yang akan mengikuti tes lebih dahulu
b. Guru membagikan lembar soal.
c. Siswa segera mengerjakan soal dan Guru mengamati proses kerja siswa satu persatu 10
3 Penutup
a. Siswa segera membereskan ruangan yang dipakai tes. 10

V. Bahan bacaan : - Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah untuk Dokumen halaman 37-74, 79-90, karangan Rina Puspita Dewi, SE, penerbit Yudhistira (2008)
- Modul Menciptakan dan Mengembangkan Naskah untuk Dokumen halaman 26 karangan Anah Tiranda, S.Pd. (2004)
- Tip dan Trik Windows XP, penerbit Andi

VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : unjuk kerja (praktek), pekerjaan rumah.
b. Format penilaian :
Penilaian unjuk kerja
NO Kompetensi Dasar dan Indikator kerja Indikator keberhasilan Penilaian
YA TIDAK
9 8 7 <7
1

Menghasilkan Dokumen-Dokumen Naskah
 Fungsi-fungsi perangkat lunak tingkat tinggi digunakan untuk memungkinkan produksi yang efisien bagi dokumen-dokumen naskah
 Naskah dan data lainnya dimasuk atau diimport, dan diedit untuk memenuhi spesifikasi-spesifikasi yang diminta
 Dokumen-dokumen naskah ditunjukkan, disesuaikan, dan dicetak berdasarkan dengan permintaan-permintaan tugas dan organisasi
 Dokumen-dokumen naskah diberi nama dan disimpan, berdasarkan oleh permintaan-permintaan organsisasi dan surat lamaran dikeluarkan tanpa kehilangan/ kerusakan informasi
 Dokumen-dokumen naskah dipersipkan dalam menunjukkan design yang berketetapan waktu dan permintaan organisasi
 Manual, pengguna dokumentasi dan bantuan on line digunakan untuk mengatasi masalah-masalah

• Pembuatan dokumen-dokumen
- Surat dibuat berdasarkan ketentuan tata persuratan yang ditentukan
- Menggunakan fasilitas program untuk mempercepat dan memperlancar kerja (page setup, mail merge, find and replace, dll)
- Pencetakkan naskah
- Menghasilkan beberapa surat dalam waktu yang ditentukan (1 surat = 25’)
• Penggunaan alat dan fasilitas kerja
- Membuka dan menutup komputer dengan benar
- Menggunakan printer
- Menggunakan odner
- Menggunakan stapler dan perforator
• Penyimpanan dokumen naskah
- Sistem penyimpanan yang digunakan sesuai dengan SOP
- Perlengkapan-perlengkapan arsip yang disediakan
- Letak dokumen dalam tempat penyimpanan
- Penemuan kembali dokumen tidak butuh waktu lama
• Penanganan dokumen naskah
 Menangani Surat Masuk :
- diterima, diteliti, disortir
- dicatat di buku agenda/Kartu Kendali (KK)
- dilampiri lembar disposisi
- didistribusikan
 Menangani Surat Keluar :
- dicatat di buku agenda/KK
- dilipat, dimasukkan dalam sampul
- dikirim asli dan tembusan disimpan

VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes unjuk kerja : terlampir
b. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan lembar praktek kerja


Mengetahui : Kalosi, 23 Januari 2009
Kepala SMK Negeri 1 Enrekang, Guru Mata Diklat,


Drs. ABD.RAHIM L. ANAH TIRANDA,S.Pd.
NIP. 131595793 NIP.132252957

R P P BSKP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4, 5, 6
Alokasi waktu : 6 x 3 x 45’ (3 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Berkomunikasi di tempat kerja
Indikator :
 Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan secara terbuka, profesional dan secara ramah tamah
 Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia
 Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
 Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diperlihatkan
 Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
 Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Menjelaskan pengertian komunikasi
 Menginventarisir unsur-unsur komunikasi
 Menginventarisir jenis-jenis media komunikasi
 Menjelaskan pengertian tata hubungan komunikasi
 Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
 Menjelaskan 2 jenis komunikasi
 Menjelaskan azas-azas komunikasi
 Menyebutkan faktor-faktor komunikasi
 Menjelaskan 7 faktor komunikasi
 Menjelaskan teknik berbicara
 Menyebutkan indikasi yang akan menimbulkan konflik
 Menguraikan macam-macam konflik
 Menjelaskan teknik penanganan konflik
2. Dampak Pengiring :
 Sopan dan ramah dalam berkomunikasi dgn kolega/rekan kerja
 Cepat dan tanggap dalam melayani kebutuhan tamu
 Termotivasi untuk menerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
 Penuh perhatian pada saat berkomunikasi dengan tamu dan kolega
 Bertindak adil terhadap tamu
 Menunjukkan sikap yang baik dalam berkomunikasi dengan tamu dan kolega
 Bekerjasama dengan atasan dan teman di tempat kerja
 Tidak malu dan untuk berhadapan dan berbicara di depan orang banyak
 Etika berkomunikasi dipertahankan

II. Materi Ajar :
Pertemuan 1 dan 2
1. Pengertian komunikasi
2. Unsur-unsur komunikasi
3. Media komunikasi
4. Azas-azas komunikasi
5. Tata hubungan komunikasi (administrative communication)
6. Jenis-jenis komunikasi
Pertemuan 3 dan 4
1. Faktor-faktor komunikasi
2. Teknik berbicara
3. Estetika berbicara
4. Bahasa tubuh
5. Pendengar yang efektif
Pertemuan 5
1. Indikator konflik dan solusinya
Pertemuan 6
Evaluasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1 Pendahuluan (10')
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Motivasi dengan menanyakan apakah ada di antara siswa yang tidak pernah berhubungan dengan orang lain lalu meneruskan dengan meminta tanggapan siswa tentang kegiatan yang dilakukan saat berhubungan dengan orang lain itu
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku etika komunikasi hal 1 – 13 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi pengertian komunikasi, unsur komunikasi, media komunikasi, lambang komunikasi, yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa 10
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5
Pertemuan 2
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membaca bahan materi yang difotokopi/modul dari guru
b. Guru menjelaskan kembali materi asas-asas komunikasi, tata hubungan komunikasi, jenis-jenis komunikasi yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa 10
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 3
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Memberikan permainan gankplank sebagai bagian apersepsi bagi siswa tentang materi yang akan diajarkan
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa memberikan komentar atas permainan yang telah dimainkan tadi
b. Guru menjelaskan materi faktor-faktor komunikasi, yang dilanjutkan dengan materi teknik berbicara, estetika berbicara
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku etika komunikasi hal 14-18 lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa 10
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Memberikan tugas rumah
c. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5
Pertemuan 4
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan ke siswa secara acak dan menanyakan apakah tugas rumah telah dikerjakan
2 Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan materi bahasa tubuh dan pendengar efektif, sambil memberikan peragaan/contoh dari materi tersebut
b. Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa bertanya hal-hal yang masih kurang jelas sehubungan dengan penjelasan materi atau tugas mereka.
c. Guru memanggil siswa satu per satu untuk tampil mempresentasekan tugas yang telah diberikan di hadapan teman yang lain dan menilai penampilan siswa sambil sesekali memberikan komentar dari penampilan siswa sebagai masukan dan perbaikan bagi siswa yang lain. Siswa lain mempersiapkan diri menanti gilirannya. 3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 5
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menanyakan apakah ada di antara siswa yang pernah berselisih sampai berkonflik dengan orang lain lalu meneruskan dengan meminta tanggapan siswa bagaimana rasanya kalau kita berkonflik
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 39-43 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi indikator konflik dan solusinya, yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian meminta siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing dan memberikan masalah untuk dibahas bersama.
d. Siswa membahas masalah yang diberikan guru
e. Membahas masalah tersebut dalam forum diskusi antara kelompok secara terbuka
f. Guru memberikan kesimpulan atas hasil diskusi 3 Penutup a. Meminta siswa belajar untuk dievaluasi pada pertemuan berikut.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 6
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah sudah siap untuk ulangan hari itu.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengumpulkan buku dan tas ke depan kelas dan menyiapkan kertas ulangan
b. Memberikan soal kepada siswa
c. Siswa mengerjakan soal ulangan dengan tenang
d. Siswa mengumpulkan kertas ulangan
e. Guru membagi kertas ulangan secara acak kepada siswa
f. Guru meminta siswa memeriksa kertas ulangan temannya dengan berdasar jawaban yang disebutkan guru.
g. Siswa mengembalikan hasil pemeriksaannya kepada guru. 10
3 Penutup
a. Guru meminta siswa membaca materi berikutnya dan menutup pertemuan dengan doa penutup dan salam V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul A karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 5-44, Penerbit Yudhistira (2005)
- Etika Komunikasi karangan Samsir Rambe, BSc & Drs. Wahyu Lay, halaman 1-14, Penerbit Angkasa Bandung (1999)
- Modul BSKP karangan Anah Tiranda, S.Pd. (2004)
- Suntingan karangan yang diambil dari internet Mengatasi Grogi Saat Bicara Di Depan Publik oleh Waidi

VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5


Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Komposisi karangan Cara/Teknik berbicara Penampilan saat berbicara Bahasa tubuh yang nampak
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Sikap Berdiskusi
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Sadar bahwa ia harus ikut serta dalam memberikan pendapatnya pada kelompok
2. Tidak membeda-bedakan teman/kelompok yang memiliki kekurangan/kelebihan
3. Merasa tertarik pada suatu pendapat yang diucapkan oleh kelompok lain
4. Menerima pendapat kelompok lain
5. Kerjasama kelompok

VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1. Jelaskan pengertian komunikasi menurut pendapat Anda (bobot 15)
2. Jelaskan secara singkat 5 unsur komunikasi (bobot 20)
3. Jelaskan jenis-jenis komunikasi menurut arah pembicaraan. (bobot 20)
4. Berikanlah contoh penggunaan lambang-lambang komunikasi. (bobot 15)
5. Sebutkan faktor-faktor yang memperlancar dan penghambat komunikasi (@4) (bobot 10)
6. Jelaskan cara menangani konflik. (bobot 20)
b. Kunci Soal :
1) Komunikasi adalah proses penyampaian informasi/keterangan/pesan dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan menggunakan atau tanpa menggunakan suatu media penyebaran.
2) Unsur-unsur komunikasi :
- Komunikator : orang yang menyampaikan berita
- Komunikan : orang yang disaampaikan berita
- Massage : Pesan yang akan disampaikan
- Media : sarana untuk mempermudah penyampaian informasi pada kondisi tertentu
- Umpan balik/Respon : Tanggapan dari pihak komunikan terhadap berita yang telah diterimanya
3) Jenis komunikasi menurut arah pembicaraan :
- Komunikasi 1 arah : bila komunikasi hanya dilakukan satu pihak tertentu saja
- Komunikasi multi arah : bila komunikasi melibatkan semua pihak yang melakukan komunikasi
- Komunikasi horisontal : komunikasi yang terjalin dalam suatu organisasi antara pihak-pihak pada jenjang hirarki yang sama (atasan dengan atasan, bawahan dengan bawahan)
- Komunikasi vertikal : komunikasi yang terjalin dalam suatu organisasi pada jenjang hirarki antara atasan dengan bawahan atau sebaliknya
- Komunikasi diagonal : komunikasi yang terjalin dalam suatu organisasi pada jenjang hirarki atasan bawahan pada bagian yang berbeda
4) Contoh penggunaan lambang komunikasi :
5) Faktor-faktor komunikasi :
Yang memperlancar :
- Kecakapan komunikator untuk menyampaikan informasi, memilih materi, menarik minat audiens serta kecakapan komunikan untuk menerima berita
- Pengetahuan yang luas sehingga mampu menguasai materi yang akan disampaikan dan yang akan diterima
- Sikap komunikator dan komunikan yang ramah, supel dan tegas
- Kondisi sosial pihak komunikan yang mampu beradaptasi dengan komunikator dan menerima informasi
- Kondisi fisik yang tidak cacat
Yang menghambat :
- Kecakapan yang kurang
- Kesalahan berbahasa
- Indera yang rusak
- Jarak fisik komunikan dan komunikator
- Penggunaan komunikasi 1 arah
6) Cara mengatasi konflik :
- Mengupayakan suatu suasana yang menguntungkan dengan jalan memahami dulu konflik yang terjadi sehingga pokok masalah dapat dibawa keluar secara netral untuk dipecahkan bersama. Selanjutnya lakukan pendekatan positif seperti pengendalian diri dari pihak yang berkonflik untuk bisa berpikir jernih untuk bisa berunding sebagai kawan bukan sebagai lawan.
- Menangani konflik secara lebih fleksibel dan produktif dengan memfokuskan pada masalah yang sebenarnya, pada kepentingan bersama, lalu menetapkan sasaran penyelesaian sambil mempelajari situasi pihak lain untuk bisa mencapai titik temu
- Merundingkan solusi(jalan keluar) yang sama-sama menguntungkan kedua pihak yang berkonflik tanpa ada yang merasa dikorbankan, dirugikan demi kepentingan bersama.
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.
2. Tugas rumah :
Buatlah karangan pidato dengan pilihan tema :
- Bahaya narkoba bagi generasi muda
- Peranan komunikasi dalam kehidupan manusia
- Harapanku kepada sekolahku
3. Tugas diskusi :
Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang masalah “potensi konflik menjelang pilkada”


Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.
. .


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 7, 8, 9, 10, 11, 12
Alokasi waktu : 6 x 3 x 45’ (3 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Menyediakan Bantuan Kepada Pelanggan di dalam dan di luar Perusahaan
Indikator :
 Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan diberikan secara tepat
 Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan
 Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan
 Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan diidentifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
 Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan diambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan
 Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan
 Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Menjelaskan Hakekat dan pengertian pelayanan prima (A3)
 Menjelaskan Pengertian pelanggan
 Mengemukakan Jenis-jenis harapan/ kebutuhan pelanggan
 Menjelaskan pelayanan prima berdasarkan A3
 Memberikan contoh pelayanan prima berdasarkan sikap
 Memberikan contoh pelayanan prima berdasarkan perhatian
 Memberikan contoh pelayanan prima berdasarkan tindakan
 Menyebutkan kode etik dan aspek hukum dalam humas
 Menjelaskan sikap dalam bekerja
 Mengemukakan cara-cara Penanganan keluhan pelanggan
 Menerapkan fungsi pelayanan
 Melayani pelanggan dengan penerapan sikap
 Melayani pelanggan dengan penerapan perhatian
 Melayani pelanggan dengan penerapan tindakan
 Mengidentifikasi masalah/keluhan-keluhan pelanggan
 Menerapkan kode etika dan hukum dalam humas
 Menerapkan sikap dalam bekerja
 Melayani kebutuhan dan permintaan pelanggan
 Mengidentifikasi masalah yang timbul akibat ketidakpuasan pelanggan
 Menyikapi keluhan pelanggan
 Menyelesaikan komplain
2. Dampak Pengiring :
Melakukan bantuan kepada pelanggan dengan menunjukkan sikap:
 Penolong
 Loyal
 Sabar
 Dapat dipercaya
 Empati dan Simpati
 Rasa iba/belas kasih
 Toleransi
 Tanggungjawab

II. Materi Ajar :
Pertemuan 7
1. Konsep-konsep pelayanan prima
2. Konsep-konsep harapan pelanggan (basic human needs priniciples)
Pertemuan 8
1. Pelayanan prima berdasarkan konsep sikap
2. Pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian
Pertemuan 9
Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan
Pertemuan 10
Indikator timbulnya suatu ketidakpuasan pelanggan
Pertemuan 11
Kegiatan kehumasan
Pertemuan 12
Evaluasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 7
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Motivasi dengan menanyakan pada 2 orang siswa tentang pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan saat berbelanja atau mengurus sesuatu pada suatu kantor/instansi.
e. Berdasarkan pengalaman siswa, guru mengaitkan dengan materi apa dan siapa pelanggan, pelayan, pelayanan dengan memancing pertanyaan kepada siswa.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 44 – 58 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Konsep-konsep Pelayanan Prima dan Konsep-konsep harapan Pelanggan yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 8
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 59 – 74 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Attitude dan Konsep Attention yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Selagi siswa mengerjakan tugas, guru mendekati satu per satu siswa bertanya sesuatu untuk memancing respon siswa dalam menghadapi klien/pelanggan
f. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 9
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 75 – 80 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan materi Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan (action)
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
f. Guru meminta siswa untuk berpasangan dengan temaannya dan mempraktekkan cara memberikan pelayanan berdasarkan konsep A3 secara bergantian
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 10
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menanyakan kepada siswa apakah mereka pernah melakukan komplain terhadap barang yang pernah dibelinya kepada penjual barang tersebut dan kenapa mereka melakukan hal tersebut.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 81 - 84 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan materi Indikator Timbulnya Ketidakpuasan Pelanggan
c. Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa bertanya hal-hal yang masih kurang jelas sehubungan dengan penjelasan materi yang telah dipelajari dari pertemuan-pertemuan sebelumnya.
d. Guru meminta kembali siswa membuka buku BSKP hal 84- 89 dan membaca beberapa contoh kasus dilanjutkan dengan mengerjakan tugas latihan.
e. Memanggil siswa satu per satu untuk tampil mempresentasekan contoh kasus yang tadi dipelajari di hadapan teman yang lain dan menilai penampilan siswa sambil sesekali memberikan komentar dari penampilan siswa sebagai masukan dan perbaikan bagi siswa yang lain. Siswa lain mempersiapkan diri menanti gilirannya.
Pertemuan 11
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menanyakan kepada siswa 4 wakasek apa saja yang ada di sekolah dan fokus kepada wakasek humas, apa yang menjadi tugas wakasek tersebut
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 91 - 98 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Kegiatan Kehumasan, yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian meminta siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing dan memberikan masalah untuk dibahas bersama.
d. Siswa membahas masalah yang diberikan guru
e. Membahas masalah tersebut dalam forum diskusi antara kelompok secara terbuka
f. Guru memberikan kesimpulan atas hasil diskusi
3 Penutup
a. Meminta siswa belajar untuk dievaluasi pada pertemuan berikut.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 12
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah sudah siap untuk ulangan hari itu.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengumpulkan buku dan tas ke depan kelas dan menyiapkan kertas ulangan
b. Memberikan soal kepada siswa
c. Siswa mengerjakan soal ulangan dengan tenang
d. Siswa mengumpulkan kertas ulangan
e. Guru membagi kertas ulangan secara acak kepada siswa
f. Guru meminta siswa memeriksa kertas ulangan temannya dengan berdasar jawaban yang disebutkan guru.
g. Siswa mengembalikan hasil pemeriksaannya kepada guru.
3 Penutup
a. Guru meminta siswa membaca materi berikutnya di rumah dan menutup pertemuan hari itu dengan doa
V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul A karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 44-99, Penerbit Yudhistira (2005)
- Pelayanan Prima SMK karangan E. Juhana Wijaya, halaman 34-71, Penerbit Armico (1999)
- Kompetensi Sekretaris Profesional karangan Drs. Ignatius Wursanto, halaman 301-322 , Penerbit Andi (2006)
VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap, penilaian diri, emosional.
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Sikap Perhatian Tindakan Bahasa tubuh yang nampak
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Diri dan Emosional
Aspek yang dinilai KS TS RR S SS
1. Pelanggan adalah raja bagi saya
2. Semua keinginan pelanggan harus dituruti
3. Penampilan tidak terlalu penting, yang penting adalah cara bicara harus memikat
4. Kalau pelanggan datang melihat-lihat kita biarkan dulu baru kita sambut
5. Apa yang diminta pelanggan perlu dibuatkan catatan khusus supaya kita tidak lupa
6. Kalau ada keluhan pelanggan segera dilaporkan kepada pimpinan saja

Penilaian Sikap Berdiskusi
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Sadar bahwa ia harus ikut serta dalam memberikan pendapatnya pada kelompok
2. Tidak membeda-bedakan teman/kelompok yang memiliki kekurangan/kelebihan
3. Merasa tertarik pada suatu pendapat yang diucapkan oleh kelompok lain
4. Menerima pendapat kelompok lain
5. Kerjasama kelompok

VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1. Pasangkan pernyataan A dengan kata-kata yang cocok pada B (bobot @1)
A B
1) Menempatkan pelanggan sebagai mitra
2) Perilaku pelayanan prima di instansi pemerintah
3) Pelanggan yang berasal dari dalam perusahaan
4) Konsep pelayanan prima
5) Sikap bangga dan pengabdian terhadap pekerjaan
6) Mendengarkan keinginan pelanggan
7) Segera mencatat keinginan pelanggan
8) Penampilan yang memadukan fisik sesuai citra diri, mode dan kepantasan a. Berpikir positif
b. Pelanggan internal
c. Konsep sikap
d. Pelanggan eksternal
e. Konsep perhatian
f. Pelayanan prima
g. Konsep tindakan
h. Berpenampilan serasi
i. Konsep A3
j. Ekspresi wajah

2. Jawablah dengan jelas dan benar soal berikut
1) Sebutkan tujuan pelayanan prima (bobot 10)
2) Apa yang dimaksud dari falsafah bisnis jasa pelayanan prima “Pelanggan membeli pelayanan, bukan membeli produk” (bobot 20)
3) Supaya dapat tampil serasi di hadapan pelanggan persyaratan apa yang harus dipenuhi? (bobot 15)
4) Mengapa petugas pelayanan dituntut harus mampu mengamati perilaku pelanggan. (bobot 20)
5) Sebutkan beberapa konsep tindakan yang bisa dilakukan dalam menghadapi pelanggan. (bobot 15)
6) Sebutkankan 4 katagori keluhan pelanggan. (bobot 12)
b. Kunci Soal :
1. 1) f 2) a 3) b 4) i 5) c 6) e 7) g 8) h
2. 1) Tujuan pelayanan prima :
a. Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
b. Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya
c. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang/jasa yang kita tawarkan
2) Yang dimaksud dari falsafah bisnis jasa pelayanan prima “Pelanggan membeli pelayanan, bukan membeli produk” adalah bahwa pelanggan itu tidak membeli produk yang ditawarkan tetapi membeli pelayanan yang kita berikan, kalau kita baik, ramah, penuh perhatian dan dapat memenuhi kebutuhan mereka saat kedatangan pertamanya, maka seterusnya ia akan datang terus untuk membeli produk kita akhirnya.
3) Supaya dapat tampil serasi di hadapan pelanggan persyaratan kita harus:
a. Berpenampilan prima
b. Berhias serasi dengan memperhatikan faktor kesehatan tubuh, perawatan anggota tubuh
c. Berbusana kerja dan aksesoris yang pantas
d. Ekspresi wajah yang wajar
4) Petugas pelayanan dituntut harus mampu mengamati perilaku pelanggan karena tidak ada pelanggan yang sama kepribadian dan tingkah lakunya, sehingga kita tidak bisa menyamaratakan pelanggan. Kita harus dapat betul-betul memahami mereka dengan membuka diri dan banyak berkomunikasi dengan pelanggan serta belajar tentang perilaku pelanggan.
5) Beberapa konsep tindakan yang bisa dilakukan dalam menghadapi pelanggan :
a. Mencatat pesanan pelanggan
b. Mencatat kebutuhan pelanggan
c. Menegaskan kembali atas pencatatan kebutuhan pesanan kebutuhan pelanggan
d. Mewujudkan kebutuhan pelanggan
e. Memberikan layanan purna jual
f. Pernyataan terima kasih dengan harapan pelanggan datang kembali
6) 4 sumber katagori keluhan pelanggan :
a. Keluhan mekanikal yang berhubungan dengan kekurangan produk yang kita jual
b. Keluhan akibat sikap petugas
c. Keluhan akibat pelayanan yang buruk
d. Keluhan yang aneh, yang tidak berhubungan dengan pelayanan yang kita berikan (dicari-cari alasannya)
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.
2. Tugas diskusi :
Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang masalah :
- Pentingkah petugas humas pada perusahaan milik keluarga
- Samakah tugas humas dengan tugas juru bicara



Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.
. .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 13, 14, 15, 16
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’ (2 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Memelihara Standar Presentase Diri
Indikator :
 Standar unggul dari presentasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan, pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Mematuhi prinsip-prinsip kebersihan dan kesehatan
 Menjelaskan pentingnya grooming dalam penampilan prima
 Menjelaskan arti kepribadian
 Mengemukakan cara mengetahui kekuatan pribadi
 Mengemukakan cara mengevaluasi dan memanfaatkan kekuatan pribadi
 Mengemukakan cara membangkitkan kekuatan pribadi
 Menyebutkan tata krama yang baik secara umum
 Menjelaskan arti bahasa tubuh dalam lingkungan kerja
 Menjelaskan cara membangkitkan komunikasi non verbal
 Menguraikan tata krama dalam jamuan bisnis (table manner)
 Menyebutkan perlengkapan bersantap dalam jamuan bisnis
 MemmpraktekkanTata cara percakapan selama jamuan bisnis
 Berpenampilan pribadi sesuai standar
 Menerapkan prinsip- prinsip kebersihan dan kesehatan dalam bekerja
 Memberi perhatian terhadap kebersihan dan penampilan dilingkungan kerja
2. Dampak Pengiring :
 Kesadaran terhadap hygiene personal, lingkungan dan perusahaan
 Kepedulian terhadap-isu-isu kebersihan dan kesehatan

II. Materi Ajar :
Pertemuan 13
1. Grooming
2. Kuantitas kepribadian
Pertemuan 14
1. Etika profesi
2. Bahasa tubuh
Pertemuan 15
Jamuan bisnis (table manner)
Pertemuan 16
Evaluasi Praktek

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 13
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Motivasi dengan menayangkan gambar-gambar tentang penampilan-penampilan beberapa pekerja yang beragam profesi. Apa yang membedakan penampilan pekerja tersebut.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP modul B hal 6-21 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Grooming dan Kuantitas kepribadian yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 14
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 21 – 32 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Etika Profesi dan Bahasa Tubuh yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran sambil memberikan beberapa contoh dengan meminta siswa sebagai model
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup a
. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 15
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP B hal 32 – 38 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan materi Perjamuan Bisnis (Table Manner)
c. Siswa secara berkelompok mempelajari cara menyusun peralatan jamuan makan bisnis dengan menggunakan alat makan mainan yang dibawanya
d. Guru memeriksa ketepatan penyusunan
e. Masih secara berkelompok, siswa mempraktekkan cara berjalan, makan minum, melayani di meja perjamuan
3 Penutup
a. Meminta kelompok siswa untuk menyiapkan bahan evaluasi praktek pada pertemuan berikut
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 16 (waktu khusus/ada penambahan waktu)
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah siswa sudah siap dan perlengkapan juga telah diatur dengan benar.
2 Kegiatan inti
a. Guru menilai penataan meja perjamuan tiap-tiap kelompok
b. Meminta siswa satu persatu berjalan ke meja kelompoknya untuk dinilai cara/sikap berjalan serta penampilannya
c. Meminta siswa secara berkelompok dan bergantian menjadi pelayan dan yang dilayani
d. Satu per satu siswa diminta untuk mempraktekkan cara makan dan minum sambil sesekali ditanya mengenai beberapa etika di meja makan
e. Siswa mengundang dewan guru yang lain untuk mempraktekkan cara melayani pihak luar
f. Guru tetap memantau kegiatan siswa
3 Penutup
a. Siswa membereskan kembali peralatan dan perlengkapan perjamuan, serta merapikan kembali ruangan dan membersihkan ruangan. 30

V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul B karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 6-40, Penerbit Yudhistira (2005)
- Banquet Tables Manner and Napkins Folding karangan H.Marsum WA, Penerbit Andi Yogyakarta (1996)
- Bahan-bahan bacaan dari majalah aura, nova, femina, dan internet

VI. Alat dan Bahan : LCD Proyektor, laptop, Mainan masak-masak anak-anak, alat-alat perjamuan makan (piring makan, piring ceper, gelas, cangkir, mangkuk sayur/sup, kobokan, pisau makan, garpu, sendok, dll), taplak meja, meja kursi

VII. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Cara berjalan/duduk Cara makan Cara melayani Cara menata table manner
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Sikap Penampilan Diri
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Cara berpakaian rapi, bersih dan sopan
2. Sikap tubuh saat berjalan, berdiri, dan duduk
3. Sikap penampilan/etika di meja makan
4. Sikap saat melayani tamu yang sesuai dengan etika pelayanan

VIII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1. Pilihlah jawaban yang benar
1) Pengertian groming adalah ......
a. Penampilan serasi dari seseorang
b. Penampilan seseorang yang selu terjaga dan rapi
c. Penampilan memuaskan dari seseorang
d. Penampilan menarik dari seseorang
e. Penampilan prima dari seseorang
2) Bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang disebut ....
a. Sikap c. Watak e. Karakter
b. Penampilan d. Kepribadian
3) Yang tidak termasuk unsur-unsur kekuatan kepribadian ...
a. Bakat c. Sifat e. Harta
b. Kreatifitas d. Minat
4) Potensi seseorang yang memunculkan sesuatu yang baru disebut ...
a. Bakat c. Minat e. Cita-cita
b. Kreatifitas d. Hobi
5) Di bawah ini merupakan istilah dari bahasa tubuh, kecuali ....
a. Isyarat c. Kinisiologi e. Kinesics
b. Verbal d. Non verbal
6) Mengangkat bahu menunjukkan tanda .....
a. Menyerah c. Keadaan baik e. Bersuka cita
b. Sakit d. Sedih
7) Apabila kita terpaksa harus meninggalkan meja makan saat acara makan masih berlangsung, dalam tata krama jamuan bisnis, serbet dilipat dan diletakkan pada ...
a. Meja makan c. Di sisi alat makan e. Di bawah gelas
b. Kursi d. Sandaran kursi
8) Coctail party diselenggarakan pada ....
a. Malam hari sebelum acara dinner
b. Malam hari sesudah acara dinner
c. Sore hari
d. Pagi antara jam 10.00 sampai 11.00
e. Siang hari jam 12.00 sampai 13.00
9) Berikut ini tata cara percakapan selama jamuan bisnis kecuali ....
a. Berbincang sebelum waktu dimulai
b. Jangan saling mendahului pada saat berbicara
c. Berbicara berbisik-bisik
d. Menggunakan bahasa Indonesia
e. Berbicara dengan teratur, jelas, dan sopan
10) Kebiasaan yang baik atau peraturan yang diterima dan ditaati para karyawan yang bersifat normatif disebut ....
a. Etika kantor c. Etika profesi e. Etika kantor
b. Kode etik d. Tata tertib

2. Jawablah dengan jelas dan benar soal berikut
1) Sebutkan cara membangkitkan kekuatan pribadi manusia
2) Mengapa etika profesi sangat penting dalam suatu organisasi
3) Gambarkan secara sederhana susunan peralatan jamuan makan perorangan yang terdiri dari piring makan, mangkuk sup, sendok makan, sendok sup, garpu makan, serbet, gelas air putih, gelas sirup.
b. Kunci Soal :
1. 1)b 2)d 3)e 4)b 5)b 6)a 7)b 8)a 9)c 10)c
2. 1) Cara membangkitkan kekuatan pribadi manusia :
a) Disiplin dalam hidup sehari-hari
b) Dapat mengendalikan emosi
c) Bertanggungjawab terhadap pekerjaan dan mempunyai sifat ingin meringankan tugas orang lain
d) Senantiasa tampil mempesona
e) Berusaha melakukan kebiasaan yang baik
f) Berusaha menyampaikan informasi yang benar
g) Dapat memisahkan urusan pribadi dengan kedinasan
h) Mempunyai sifat rendah hati
i) Senantiasa menjaga kesopanan dalam pergaulan
2) Etika profesi sangat penting dalam suatu organisasi dalam rangka pembinaan karyawan untuk meningkatkan mutu serta mewujudkan pribadi yang jujur, bersih berwibawa, karyawan semakin merasa ikut memiliki perusahaan, ikut bertanggung jawab dalam keterlibatannya mengembangkan perusahaan sehingga produktivitas kerja semakin meningkat dan kehidupan perusahaan dapat berkembang
3) Susunan peralatan makan :








c. Tugas-tugas
Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.



Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.
. .


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 17, 18, 19, 20
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’ (2 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Bekerja dalam Satu Tim
Indikator :
 Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
 Perbedaan kebudayaan diantara tim ditampung
 Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
 Tugas-tugas individu diidentifikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
 Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
 Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
 Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya diakui
 Perubahan-perubahan tanggung jawab individu dinegosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Memahami prinsip-prinsip bekerja sama dalam tim
 Menguraikan manfaat dan tujuan bekerja dalam tim
 Menyadari tujuan, tugas dan tanggung jawab dalam tim
 Menentukan tahapan perkembangan tim
 Membedakan karakter budaya dalam tim
 Menjelaskan bentuk-bentuk tanggung jawab masing-masing tim
 Memahami hubungan internal vertikal
 Memahami hubungan internal horisontal
 Memahami arti dan manfaat interpersonal reltionship
 Menjelaskan komponen-komponen interpersonal relationship
 Menyebutkan cara pengembangan profesionalisme kerja
 Menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam tim
 Melaksanakan tanggung jawab masing-masing anggota dalam tim
2. Dampak Pengiring :
 Mempunyai kemauan untuk mengaplikasikan teknik-teknik bekerja dalam tim
 Menghargai budaya yang berbeda
 Cepat dan tanggap dalam bekerja sama dengan tim
 Saling mempercayai antar anggota tim
 Tolong menolong antar anggota tim
 Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan

II. Materi Ajar :
Pertemuan 17
 Bekerja dengan orang lain
Pertemuan 18
 Tata hubungan internal : vertikal dan horisontal
 Interpersonal relationship
 Komponen-komponen interpersonal relationship
Pertemuan 19
 Pengembangan profesionalisme kerja
Pertemuan 20
Evaluasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 17
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan mengkaitkan kelompok pemain bola volley, bagaimana mereka mengatur strategi yang kompak untuk dapat memenangkan suatu pertandingan, mengapa harus bekerja sama.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP B hal 41-57 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Bekerja dengan orang lain yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 18
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka dan membaca buku BSKP B hal 56-60
b. Guru menjelaskan kembali materi Tata hubungan internal : vertikal dan horisontal, Interpersonal relationship, Komponen-komponen interpersonal relationship yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 19
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka dan membaca buku BSKP B hal 60-62
b. Guru menjelaskan materi Pengembangan profesionalisme kerja
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Guru meminta siswa untuk menghentikan sejenak pengerjaan tugas dan membawa siswa keluar dari ruangan dan memberikan sebuah permainan tentang kerjasama tim
f. Masuk kembali ke ke kelas dan melanjutkan pengerjaan tugas
g. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Memberikan tugas rumah
c. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 20
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah sudah siap untuk ulangan hari itu.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengumpulkan buku dan tas ke depan kelas dan menyiapkan kertas ulangan
b. Memberikan soal kepada siswa
c. Siswa mengerjakan soal ulangan dengan tenang
d. Siswa mengumpulkan kertas ulangan
e. Guru membagi kertas ulangan secara acak kepada siswa
f. Guru meminta siswa memeriksa kertas ulangan temannya dengan berdasar jawaban yang disebutkan guru.
g. Siswa mengembalikan hasil pemeriksaannya kepada guru.
3 Penutup
a. Guru meminta siswa membaca materi berikutnya dan menutup pertemuan dengan doa penutup dan salam 5

V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul A karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 41-64, Penerbit Yudhistira (2005)
- Team Building karangan Adi Sunarno, Penerbit Andi (2006)
- Suntingan karangan yang diambil dari internet, majalah
VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Komposisi karangan Cara/Teknik berbicara Penampilan saat berbicara Bahasa tubuh yang nampak
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5


Penilaian Sikap
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Keterlibatan penuh dalam tim tidak sekedar pasang nama saja
2. Kekompakkan dalam mengerjakan tugas tim
3. Kesadaran bahwa tim yang solid maka tugas akan terasa ringan


VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
Jawablah dengan cermat soal di bawah ini.
1. Apa saja prinsip-prinsip bekerja sama dalam tim
2. Uraikan manfaat dan tujuan bekerja dalam tim
3. Tahapan perkembangan tim mana yang paling penuh tantangan menurut anda
4. Apa yang dimaksud karakter budaya dalam tim
5. Apa yang dimaksud dengan hubungan internal vertikal dan hubungan internal horisontal
6. Apa saja komponen-komponen interpersonal relationship
7. Sebutkan cara pengembangan profesionalisme kerja yang dilakukan perusahaan

b. Kunci Soal :
1. Prinsip-prinsip bekerja sama dalam tim :
a. Untuk meningkatkan produktivitas kelompok, para anggota harus bekerja sama dan mengerahkan segala daya upaya untuk melaksanakan tugas-tugas yang dituntut.
b. Supaya para anggota dapat memberikan investasi yang efektif dan kontribusi yang layak maka sangat penting memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial dan psikologi para anggota.
c. Meningkatnya efektifitas kerja, maka efektifitas organisasi secara umum akan membaik.
d. Membantu para anggota dalam memahami perilaku mereka serta penetapan langkah-langkah untuk mengembangkan etos kerja.
2. Manfaat dan tujuan bekerja dalam tim :
3. Karakter budaya dalam tim adalah :
4. Hubungan internal vertikal
Hubungan internal horisontal
5. Komponen-komponen interpersonal relationship
6. Cara pengembangan profesionalisme kerja yang dilakukan perusahaan
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.



Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.