Laman

Jumat, 27 Agustus 2010

R P P BSKP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4, 5, 6
Alokasi waktu : 6 x 3 x 45’ (3 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Berkomunikasi di tempat kerja
Indikator :
 Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan secara terbuka, profesional dan secara ramah tamah
 Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia
 Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
 Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diperlihatkan
 Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
 Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Menjelaskan pengertian komunikasi
 Menginventarisir unsur-unsur komunikasi
 Menginventarisir jenis-jenis media komunikasi
 Menjelaskan pengertian tata hubungan komunikasi
 Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
 Menjelaskan 2 jenis komunikasi
 Menjelaskan azas-azas komunikasi
 Menyebutkan faktor-faktor komunikasi
 Menjelaskan 7 faktor komunikasi
 Menjelaskan teknik berbicara
 Menyebutkan indikasi yang akan menimbulkan konflik
 Menguraikan macam-macam konflik
 Menjelaskan teknik penanganan konflik
2. Dampak Pengiring :
 Sopan dan ramah dalam berkomunikasi dgn kolega/rekan kerja
 Cepat dan tanggap dalam melayani kebutuhan tamu
 Termotivasi untuk menerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
 Penuh perhatian pada saat berkomunikasi dengan tamu dan kolega
 Bertindak adil terhadap tamu
 Menunjukkan sikap yang baik dalam berkomunikasi dengan tamu dan kolega
 Bekerjasama dengan atasan dan teman di tempat kerja
 Tidak malu dan untuk berhadapan dan berbicara di depan orang banyak
 Etika berkomunikasi dipertahankan

II. Materi Ajar :
Pertemuan 1 dan 2
1. Pengertian komunikasi
2. Unsur-unsur komunikasi
3. Media komunikasi
4. Azas-azas komunikasi
5. Tata hubungan komunikasi (administrative communication)
6. Jenis-jenis komunikasi
Pertemuan 3 dan 4
1. Faktor-faktor komunikasi
2. Teknik berbicara
3. Estetika berbicara
4. Bahasa tubuh
5. Pendengar yang efektif
Pertemuan 5
1. Indikator konflik dan solusinya
Pertemuan 6
Evaluasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1 Pendahuluan (10')
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Motivasi dengan menanyakan apakah ada di antara siswa yang tidak pernah berhubungan dengan orang lain lalu meneruskan dengan meminta tanggapan siswa tentang kegiatan yang dilakukan saat berhubungan dengan orang lain itu
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku etika komunikasi hal 1 – 13 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi pengertian komunikasi, unsur komunikasi, media komunikasi, lambang komunikasi, yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa 10
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5
Pertemuan 2
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membaca bahan materi yang difotokopi/modul dari guru
b. Guru menjelaskan kembali materi asas-asas komunikasi, tata hubungan komunikasi, jenis-jenis komunikasi yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa 10
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 3
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Memberikan permainan gankplank sebagai bagian apersepsi bagi siswa tentang materi yang akan diajarkan
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa memberikan komentar atas permainan yang telah dimainkan tadi
b. Guru menjelaskan materi faktor-faktor komunikasi, yang dilanjutkan dengan materi teknik berbicara, estetika berbicara
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku etika komunikasi hal 14-18 lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa 10
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Memberikan tugas rumah
c. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5
Pertemuan 4
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi pada pertemuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan ke siswa secara acak dan menanyakan apakah tugas rumah telah dikerjakan
2 Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan materi bahasa tubuh dan pendengar efektif, sambil memberikan peragaan/contoh dari materi tersebut
b. Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa bertanya hal-hal yang masih kurang jelas sehubungan dengan penjelasan materi atau tugas mereka.
c. Guru memanggil siswa satu per satu untuk tampil mempresentasekan tugas yang telah diberikan di hadapan teman yang lain dan menilai penampilan siswa sambil sesekali memberikan komentar dari penampilan siswa sebagai masukan dan perbaikan bagi siswa yang lain. Siswa lain mempersiapkan diri menanti gilirannya. 3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. Pertemuan 5
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menanyakan apakah ada di antara siswa yang pernah berselisih sampai berkonflik dengan orang lain lalu meneruskan dengan meminta tanggapan siswa bagaimana rasanya kalau kita berkonflik
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 39-43 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi indikator konflik dan solusinya, yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian meminta siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing dan memberikan masalah untuk dibahas bersama.
d. Siswa membahas masalah yang diberikan guru
e. Membahas masalah tersebut dalam forum diskusi antara kelompok secara terbuka
f. Guru memberikan kesimpulan atas hasil diskusi 3 Penutup a. Meminta siswa belajar untuk dievaluasi pada pertemuan berikut.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 6
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah sudah siap untuk ulangan hari itu.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengumpulkan buku dan tas ke depan kelas dan menyiapkan kertas ulangan
b. Memberikan soal kepada siswa
c. Siswa mengerjakan soal ulangan dengan tenang
d. Siswa mengumpulkan kertas ulangan
e. Guru membagi kertas ulangan secara acak kepada siswa
f. Guru meminta siswa memeriksa kertas ulangan temannya dengan berdasar jawaban yang disebutkan guru.
g. Siswa mengembalikan hasil pemeriksaannya kepada guru. 10
3 Penutup
a. Guru meminta siswa membaca materi berikutnya dan menutup pertemuan dengan doa penutup dan salam V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul A karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 5-44, Penerbit Yudhistira (2005)
- Etika Komunikasi karangan Samsir Rambe, BSc & Drs. Wahyu Lay, halaman 1-14, Penerbit Angkasa Bandung (1999)
- Modul BSKP karangan Anah Tiranda, S.Pd. (2004)
- Suntingan karangan yang diambil dari internet Mengatasi Grogi Saat Bicara Di Depan Publik oleh Waidi

VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5


Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Komposisi karangan Cara/Teknik berbicara Penampilan saat berbicara Bahasa tubuh yang nampak
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Sikap Berdiskusi
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Sadar bahwa ia harus ikut serta dalam memberikan pendapatnya pada kelompok
2. Tidak membeda-bedakan teman/kelompok yang memiliki kekurangan/kelebihan
3. Merasa tertarik pada suatu pendapat yang diucapkan oleh kelompok lain
4. Menerima pendapat kelompok lain
5. Kerjasama kelompok

VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1. Jelaskan pengertian komunikasi menurut pendapat Anda (bobot 15)
2. Jelaskan secara singkat 5 unsur komunikasi (bobot 20)
3. Jelaskan jenis-jenis komunikasi menurut arah pembicaraan. (bobot 20)
4. Berikanlah contoh penggunaan lambang-lambang komunikasi. (bobot 15)
5. Sebutkan faktor-faktor yang memperlancar dan penghambat komunikasi (@4) (bobot 10)
6. Jelaskan cara menangani konflik. (bobot 20)
b. Kunci Soal :
1) Komunikasi adalah proses penyampaian informasi/keterangan/pesan dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan menggunakan atau tanpa menggunakan suatu media penyebaran.
2) Unsur-unsur komunikasi :
- Komunikator : orang yang menyampaikan berita
- Komunikan : orang yang disaampaikan berita
- Massage : Pesan yang akan disampaikan
- Media : sarana untuk mempermudah penyampaian informasi pada kondisi tertentu
- Umpan balik/Respon : Tanggapan dari pihak komunikan terhadap berita yang telah diterimanya
3) Jenis komunikasi menurut arah pembicaraan :
- Komunikasi 1 arah : bila komunikasi hanya dilakukan satu pihak tertentu saja
- Komunikasi multi arah : bila komunikasi melibatkan semua pihak yang melakukan komunikasi
- Komunikasi horisontal : komunikasi yang terjalin dalam suatu organisasi antara pihak-pihak pada jenjang hirarki yang sama (atasan dengan atasan, bawahan dengan bawahan)
- Komunikasi vertikal : komunikasi yang terjalin dalam suatu organisasi pada jenjang hirarki antara atasan dengan bawahan atau sebaliknya
- Komunikasi diagonal : komunikasi yang terjalin dalam suatu organisasi pada jenjang hirarki atasan bawahan pada bagian yang berbeda
4) Contoh penggunaan lambang komunikasi :
5) Faktor-faktor komunikasi :
Yang memperlancar :
- Kecakapan komunikator untuk menyampaikan informasi, memilih materi, menarik minat audiens serta kecakapan komunikan untuk menerima berita
- Pengetahuan yang luas sehingga mampu menguasai materi yang akan disampaikan dan yang akan diterima
- Sikap komunikator dan komunikan yang ramah, supel dan tegas
- Kondisi sosial pihak komunikan yang mampu beradaptasi dengan komunikator dan menerima informasi
- Kondisi fisik yang tidak cacat
Yang menghambat :
- Kecakapan yang kurang
- Kesalahan berbahasa
- Indera yang rusak
- Jarak fisik komunikan dan komunikator
- Penggunaan komunikasi 1 arah
6) Cara mengatasi konflik :
- Mengupayakan suatu suasana yang menguntungkan dengan jalan memahami dulu konflik yang terjadi sehingga pokok masalah dapat dibawa keluar secara netral untuk dipecahkan bersama. Selanjutnya lakukan pendekatan positif seperti pengendalian diri dari pihak yang berkonflik untuk bisa berpikir jernih untuk bisa berunding sebagai kawan bukan sebagai lawan.
- Menangani konflik secara lebih fleksibel dan produktif dengan memfokuskan pada masalah yang sebenarnya, pada kepentingan bersama, lalu menetapkan sasaran penyelesaian sambil mempelajari situasi pihak lain untuk bisa mencapai titik temu
- Merundingkan solusi(jalan keluar) yang sama-sama menguntungkan kedua pihak yang berkonflik tanpa ada yang merasa dikorbankan, dirugikan demi kepentingan bersama.
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.
2. Tugas rumah :
Buatlah karangan pidato dengan pilihan tema :
- Bahaya narkoba bagi generasi muda
- Peranan komunikasi dalam kehidupan manusia
- Harapanku kepada sekolahku
3. Tugas diskusi :
Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang masalah “potensi konflik menjelang pilkada”


Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.
. .


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 7, 8, 9, 10, 11, 12
Alokasi waktu : 6 x 3 x 45’ (3 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Menyediakan Bantuan Kepada Pelanggan di dalam dan di luar Perusahaan
Indikator :
 Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan diberikan secara tepat
 Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan
 Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan
 Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan diidentifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
 Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan diambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan
 Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan
 Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Menjelaskan Hakekat dan pengertian pelayanan prima (A3)
 Menjelaskan Pengertian pelanggan
 Mengemukakan Jenis-jenis harapan/ kebutuhan pelanggan
 Menjelaskan pelayanan prima berdasarkan A3
 Memberikan contoh pelayanan prima berdasarkan sikap
 Memberikan contoh pelayanan prima berdasarkan perhatian
 Memberikan contoh pelayanan prima berdasarkan tindakan
 Menyebutkan kode etik dan aspek hukum dalam humas
 Menjelaskan sikap dalam bekerja
 Mengemukakan cara-cara Penanganan keluhan pelanggan
 Menerapkan fungsi pelayanan
 Melayani pelanggan dengan penerapan sikap
 Melayani pelanggan dengan penerapan perhatian
 Melayani pelanggan dengan penerapan tindakan
 Mengidentifikasi masalah/keluhan-keluhan pelanggan
 Menerapkan kode etika dan hukum dalam humas
 Menerapkan sikap dalam bekerja
 Melayani kebutuhan dan permintaan pelanggan
 Mengidentifikasi masalah yang timbul akibat ketidakpuasan pelanggan
 Menyikapi keluhan pelanggan
 Menyelesaikan komplain
2. Dampak Pengiring :
Melakukan bantuan kepada pelanggan dengan menunjukkan sikap:
 Penolong
 Loyal
 Sabar
 Dapat dipercaya
 Empati dan Simpati
 Rasa iba/belas kasih
 Toleransi
 Tanggungjawab

II. Materi Ajar :
Pertemuan 7
1. Konsep-konsep pelayanan prima
2. Konsep-konsep harapan pelanggan (basic human needs priniciples)
Pertemuan 8
1. Pelayanan prima berdasarkan konsep sikap
2. Pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian
Pertemuan 9
Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan
Pertemuan 10
Indikator timbulnya suatu ketidakpuasan pelanggan
Pertemuan 11
Kegiatan kehumasan
Pertemuan 12
Evaluasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 7
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Motivasi dengan menanyakan pada 2 orang siswa tentang pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan saat berbelanja atau mengurus sesuatu pada suatu kantor/instansi.
e. Berdasarkan pengalaman siswa, guru mengaitkan dengan materi apa dan siapa pelanggan, pelayan, pelayanan dengan memancing pertanyaan kepada siswa.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 44 – 58 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Konsep-konsep Pelayanan Prima dan Konsep-konsep harapan Pelanggan yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 8
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 59 – 74 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Attitude dan Konsep Attention yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Selagi siswa mengerjakan tugas, guru mendekati satu per satu siswa bertanya sesuatu untuk memancing respon siswa dalam menghadapi klien/pelanggan
f. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 9
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 75 – 80 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan materi Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan (action)
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
f. Guru meminta siswa untuk berpasangan dengan temaannya dan mempraktekkan cara memberikan pelayanan berdasarkan konsep A3 secara bergantian
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 10
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menanyakan kepada siswa apakah mereka pernah melakukan komplain terhadap barang yang pernah dibelinya kepada penjual barang tersebut dan kenapa mereka melakukan hal tersebut.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 81 - 84 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan materi Indikator Timbulnya Ketidakpuasan Pelanggan
c. Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa bertanya hal-hal yang masih kurang jelas sehubungan dengan penjelasan materi yang telah dipelajari dari pertemuan-pertemuan sebelumnya.
d. Guru meminta kembali siswa membuka buku BSKP hal 84- 89 dan membaca beberapa contoh kasus dilanjutkan dengan mengerjakan tugas latihan.
e. Memanggil siswa satu per satu untuk tampil mempresentasekan contoh kasus yang tadi dipelajari di hadapan teman yang lain dan menilai penampilan siswa sambil sesekali memberikan komentar dari penampilan siswa sebagai masukan dan perbaikan bagi siswa yang lain. Siswa lain mempersiapkan diri menanti gilirannya.
Pertemuan 11
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menanyakan kepada siswa 4 wakasek apa saja yang ada di sekolah dan fokus kepada wakasek humas, apa yang menjadi tugas wakasek tersebut
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 91 - 98 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Kegiatan Kehumasan, yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian meminta siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing dan memberikan masalah untuk dibahas bersama.
d. Siswa membahas masalah yang diberikan guru
e. Membahas masalah tersebut dalam forum diskusi antara kelompok secara terbuka
f. Guru memberikan kesimpulan atas hasil diskusi
3 Penutup
a. Meminta siswa belajar untuk dievaluasi pada pertemuan berikut.
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 12
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah sudah siap untuk ulangan hari itu.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengumpulkan buku dan tas ke depan kelas dan menyiapkan kertas ulangan
b. Memberikan soal kepada siswa
c. Siswa mengerjakan soal ulangan dengan tenang
d. Siswa mengumpulkan kertas ulangan
e. Guru membagi kertas ulangan secara acak kepada siswa
f. Guru meminta siswa memeriksa kertas ulangan temannya dengan berdasar jawaban yang disebutkan guru.
g. Siswa mengembalikan hasil pemeriksaannya kepada guru.
3 Penutup
a. Guru meminta siswa membaca materi berikutnya di rumah dan menutup pertemuan hari itu dengan doa
V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul A karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 44-99, Penerbit Yudhistira (2005)
- Pelayanan Prima SMK karangan E. Juhana Wijaya, halaman 34-71, Penerbit Armico (1999)
- Kompetensi Sekretaris Profesional karangan Drs. Ignatius Wursanto, halaman 301-322 , Penerbit Andi (2006)
VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap, penilaian diri, emosional.
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Sikap Perhatian Tindakan Bahasa tubuh yang nampak
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Diri dan Emosional
Aspek yang dinilai KS TS RR S SS
1. Pelanggan adalah raja bagi saya
2. Semua keinginan pelanggan harus dituruti
3. Penampilan tidak terlalu penting, yang penting adalah cara bicara harus memikat
4. Kalau pelanggan datang melihat-lihat kita biarkan dulu baru kita sambut
5. Apa yang diminta pelanggan perlu dibuatkan catatan khusus supaya kita tidak lupa
6. Kalau ada keluhan pelanggan segera dilaporkan kepada pimpinan saja

Penilaian Sikap Berdiskusi
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Sadar bahwa ia harus ikut serta dalam memberikan pendapatnya pada kelompok
2. Tidak membeda-bedakan teman/kelompok yang memiliki kekurangan/kelebihan
3. Merasa tertarik pada suatu pendapat yang diucapkan oleh kelompok lain
4. Menerima pendapat kelompok lain
5. Kerjasama kelompok

VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1. Pasangkan pernyataan A dengan kata-kata yang cocok pada B (bobot @1)
A B
1) Menempatkan pelanggan sebagai mitra
2) Perilaku pelayanan prima di instansi pemerintah
3) Pelanggan yang berasal dari dalam perusahaan
4) Konsep pelayanan prima
5) Sikap bangga dan pengabdian terhadap pekerjaan
6) Mendengarkan keinginan pelanggan
7) Segera mencatat keinginan pelanggan
8) Penampilan yang memadukan fisik sesuai citra diri, mode dan kepantasan a. Berpikir positif
b. Pelanggan internal
c. Konsep sikap
d. Pelanggan eksternal
e. Konsep perhatian
f. Pelayanan prima
g. Konsep tindakan
h. Berpenampilan serasi
i. Konsep A3
j. Ekspresi wajah

2. Jawablah dengan jelas dan benar soal berikut
1) Sebutkan tujuan pelayanan prima (bobot 10)
2) Apa yang dimaksud dari falsafah bisnis jasa pelayanan prima “Pelanggan membeli pelayanan, bukan membeli produk” (bobot 20)
3) Supaya dapat tampil serasi di hadapan pelanggan persyaratan apa yang harus dipenuhi? (bobot 15)
4) Mengapa petugas pelayanan dituntut harus mampu mengamati perilaku pelanggan. (bobot 20)
5) Sebutkan beberapa konsep tindakan yang bisa dilakukan dalam menghadapi pelanggan. (bobot 15)
6) Sebutkankan 4 katagori keluhan pelanggan. (bobot 12)
b. Kunci Soal :
1. 1) f 2) a 3) b 4) i 5) c 6) e 7) g 8) h
2. 1) Tujuan pelayanan prima :
a. Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
b. Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya
c. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang/jasa yang kita tawarkan
2) Yang dimaksud dari falsafah bisnis jasa pelayanan prima “Pelanggan membeli pelayanan, bukan membeli produk” adalah bahwa pelanggan itu tidak membeli produk yang ditawarkan tetapi membeli pelayanan yang kita berikan, kalau kita baik, ramah, penuh perhatian dan dapat memenuhi kebutuhan mereka saat kedatangan pertamanya, maka seterusnya ia akan datang terus untuk membeli produk kita akhirnya.
3) Supaya dapat tampil serasi di hadapan pelanggan persyaratan kita harus:
a. Berpenampilan prima
b. Berhias serasi dengan memperhatikan faktor kesehatan tubuh, perawatan anggota tubuh
c. Berbusana kerja dan aksesoris yang pantas
d. Ekspresi wajah yang wajar
4) Petugas pelayanan dituntut harus mampu mengamati perilaku pelanggan karena tidak ada pelanggan yang sama kepribadian dan tingkah lakunya, sehingga kita tidak bisa menyamaratakan pelanggan. Kita harus dapat betul-betul memahami mereka dengan membuka diri dan banyak berkomunikasi dengan pelanggan serta belajar tentang perilaku pelanggan.
5) Beberapa konsep tindakan yang bisa dilakukan dalam menghadapi pelanggan :
a. Mencatat pesanan pelanggan
b. Mencatat kebutuhan pelanggan
c. Menegaskan kembali atas pencatatan kebutuhan pesanan kebutuhan pelanggan
d. Mewujudkan kebutuhan pelanggan
e. Memberikan layanan purna jual
f. Pernyataan terima kasih dengan harapan pelanggan datang kembali
6) 4 sumber katagori keluhan pelanggan :
a. Keluhan mekanikal yang berhubungan dengan kekurangan produk yang kita jual
b. Keluhan akibat sikap petugas
c. Keluhan akibat pelayanan yang buruk
d. Keluhan yang aneh, yang tidak berhubungan dengan pelayanan yang kita berikan (dicari-cari alasannya)
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.
2. Tugas diskusi :
Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang masalah :
- Pentingkah petugas humas pada perusahaan milik keluarga
- Samakah tugas humas dengan tugas juru bicara



Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.
. .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 13, 14, 15, 16
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’ (2 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Memelihara Standar Presentase Diri
Indikator :
 Standar unggul dari presentasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan, pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Mematuhi prinsip-prinsip kebersihan dan kesehatan
 Menjelaskan pentingnya grooming dalam penampilan prima
 Menjelaskan arti kepribadian
 Mengemukakan cara mengetahui kekuatan pribadi
 Mengemukakan cara mengevaluasi dan memanfaatkan kekuatan pribadi
 Mengemukakan cara membangkitkan kekuatan pribadi
 Menyebutkan tata krama yang baik secara umum
 Menjelaskan arti bahasa tubuh dalam lingkungan kerja
 Menjelaskan cara membangkitkan komunikasi non verbal
 Menguraikan tata krama dalam jamuan bisnis (table manner)
 Menyebutkan perlengkapan bersantap dalam jamuan bisnis
 MemmpraktekkanTata cara percakapan selama jamuan bisnis
 Berpenampilan pribadi sesuai standar
 Menerapkan prinsip- prinsip kebersihan dan kesehatan dalam bekerja
 Memberi perhatian terhadap kebersihan dan penampilan dilingkungan kerja
2. Dampak Pengiring :
 Kesadaran terhadap hygiene personal, lingkungan dan perusahaan
 Kepedulian terhadap-isu-isu kebersihan dan kesehatan

II. Materi Ajar :
Pertemuan 13
1. Grooming
2. Kuantitas kepribadian
Pertemuan 14
1. Etika profesi
2. Bahasa tubuh
Pertemuan 15
Jamuan bisnis (table manner)
Pertemuan 16
Evaluasi Praktek

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 13
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Motivasi dengan menayangkan gambar-gambar tentang penampilan-penampilan beberapa pekerja yang beragam profesi. Apa yang membedakan penampilan pekerja tersebut.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP modul B hal 6-21 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Grooming dan Kuantitas kepribadian yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 14
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP hal 21 – 32 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Etika Profesi dan Bahasa Tubuh yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran sambil memberikan beberapa contoh dengan meminta siswa sebagai model
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup a
. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 15
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP B hal 32 – 38 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan materi Perjamuan Bisnis (Table Manner)
c. Siswa secara berkelompok mempelajari cara menyusun peralatan jamuan makan bisnis dengan menggunakan alat makan mainan yang dibawanya
d. Guru memeriksa ketepatan penyusunan
e. Masih secara berkelompok, siswa mempraktekkan cara berjalan, makan minum, melayani di meja perjamuan
3 Penutup
a. Meminta kelompok siswa untuk menyiapkan bahan evaluasi praktek pada pertemuan berikut
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 16 (waktu khusus/ada penambahan waktu)
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah siswa sudah siap dan perlengkapan juga telah diatur dengan benar.
2 Kegiatan inti
a. Guru menilai penataan meja perjamuan tiap-tiap kelompok
b. Meminta siswa satu persatu berjalan ke meja kelompoknya untuk dinilai cara/sikap berjalan serta penampilannya
c. Meminta siswa secara berkelompok dan bergantian menjadi pelayan dan yang dilayani
d. Satu per satu siswa diminta untuk mempraktekkan cara makan dan minum sambil sesekali ditanya mengenai beberapa etika di meja makan
e. Siswa mengundang dewan guru yang lain untuk mempraktekkan cara melayani pihak luar
f. Guru tetap memantau kegiatan siswa
3 Penutup
a. Siswa membereskan kembali peralatan dan perlengkapan perjamuan, serta merapikan kembali ruangan dan membersihkan ruangan. 30

V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul B karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 6-40, Penerbit Yudhistira (2005)
- Banquet Tables Manner and Napkins Folding karangan H.Marsum WA, Penerbit Andi Yogyakarta (1996)
- Bahan-bahan bacaan dari majalah aura, nova, femina, dan internet

VI. Alat dan Bahan : LCD Proyektor, laptop, Mainan masak-masak anak-anak, alat-alat perjamuan makan (piring makan, piring ceper, gelas, cangkir, mangkuk sayur/sup, kobokan, pisau makan, garpu, sendok, dll), taplak meja, meja kursi

VII. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Cara berjalan/duduk Cara makan Cara melayani Cara menata table manner
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Sikap Penampilan Diri
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Cara berpakaian rapi, bersih dan sopan
2. Sikap tubuh saat berjalan, berdiri, dan duduk
3. Sikap penampilan/etika di meja makan
4. Sikap saat melayani tamu yang sesuai dengan etika pelayanan

VIII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
1. Pilihlah jawaban yang benar
1) Pengertian groming adalah ......
a. Penampilan serasi dari seseorang
b. Penampilan seseorang yang selu terjaga dan rapi
c. Penampilan memuaskan dari seseorang
d. Penampilan menarik dari seseorang
e. Penampilan prima dari seseorang
2) Bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang disebut ....
a. Sikap c. Watak e. Karakter
b. Penampilan d. Kepribadian
3) Yang tidak termasuk unsur-unsur kekuatan kepribadian ...
a. Bakat c. Sifat e. Harta
b. Kreatifitas d. Minat
4) Potensi seseorang yang memunculkan sesuatu yang baru disebut ...
a. Bakat c. Minat e. Cita-cita
b. Kreatifitas d. Hobi
5) Di bawah ini merupakan istilah dari bahasa tubuh, kecuali ....
a. Isyarat c. Kinisiologi e. Kinesics
b. Verbal d. Non verbal
6) Mengangkat bahu menunjukkan tanda .....
a. Menyerah c. Keadaan baik e. Bersuka cita
b. Sakit d. Sedih
7) Apabila kita terpaksa harus meninggalkan meja makan saat acara makan masih berlangsung, dalam tata krama jamuan bisnis, serbet dilipat dan diletakkan pada ...
a. Meja makan c. Di sisi alat makan e. Di bawah gelas
b. Kursi d. Sandaran kursi
8) Coctail party diselenggarakan pada ....
a. Malam hari sebelum acara dinner
b. Malam hari sesudah acara dinner
c. Sore hari
d. Pagi antara jam 10.00 sampai 11.00
e. Siang hari jam 12.00 sampai 13.00
9) Berikut ini tata cara percakapan selama jamuan bisnis kecuali ....
a. Berbincang sebelum waktu dimulai
b. Jangan saling mendahului pada saat berbicara
c. Berbicara berbisik-bisik
d. Menggunakan bahasa Indonesia
e. Berbicara dengan teratur, jelas, dan sopan
10) Kebiasaan yang baik atau peraturan yang diterima dan ditaati para karyawan yang bersifat normatif disebut ....
a. Etika kantor c. Etika profesi e. Etika kantor
b. Kode etik d. Tata tertib

2. Jawablah dengan jelas dan benar soal berikut
1) Sebutkan cara membangkitkan kekuatan pribadi manusia
2) Mengapa etika profesi sangat penting dalam suatu organisasi
3) Gambarkan secara sederhana susunan peralatan jamuan makan perorangan yang terdiri dari piring makan, mangkuk sup, sendok makan, sendok sup, garpu makan, serbet, gelas air putih, gelas sirup.
b. Kunci Soal :
1. 1)b 2)d 3)e 4)b 5)b 6)a 7)b 8)a 9)c 10)c
2. 1) Cara membangkitkan kekuatan pribadi manusia :
a) Disiplin dalam hidup sehari-hari
b) Dapat mengendalikan emosi
c) Bertanggungjawab terhadap pekerjaan dan mempunyai sifat ingin meringankan tugas orang lain
d) Senantiasa tampil mempesona
e) Berusaha melakukan kebiasaan yang baik
f) Berusaha menyampaikan informasi yang benar
g) Dapat memisahkan urusan pribadi dengan kedinasan
h) Mempunyai sifat rendah hati
i) Senantiasa menjaga kesopanan dalam pergaulan
2) Etika profesi sangat penting dalam suatu organisasi dalam rangka pembinaan karyawan untuk meningkatkan mutu serta mewujudkan pribadi yang jujur, bersih berwibawa, karyawan semakin merasa ikut memiliki perusahaan, ikut bertanggung jawab dalam keterlibatannya mengembangkan perusahaan sehingga produktivitas kerja semakin meningkat dan kehidupan perusahaan dapat berkembang
3) Susunan peralatan makan :








c. Tugas-tugas
Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.



Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.
. .


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : 1 / Gazal
Pertemuan ke : 17, 18, 19, 20
Alokasi waktu : 4 x 3 x 45’ (2 minggu)
Standar kompetensi : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (BSKP)
Kompetensi dasar : Bekerja dalam Satu Tim
Indikator :
 Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
 Perbedaan kebudayaan diantara tim ditampung
 Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
 Tugas-tugas individu diidentifikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
 Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
 Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
 Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya diakui
 Perubahan-perubahan tanggung jawab individu dinegosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan instruksional : Siswa mampu :
 Memahami prinsip-prinsip bekerja sama dalam tim
 Menguraikan manfaat dan tujuan bekerja dalam tim
 Menyadari tujuan, tugas dan tanggung jawab dalam tim
 Menentukan tahapan perkembangan tim
 Membedakan karakter budaya dalam tim
 Menjelaskan bentuk-bentuk tanggung jawab masing-masing tim
 Memahami hubungan internal vertikal
 Memahami hubungan internal horisontal
 Memahami arti dan manfaat interpersonal reltionship
 Menjelaskan komponen-komponen interpersonal relationship
 Menyebutkan cara pengembangan profesionalisme kerja
 Menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam tim
 Melaksanakan tanggung jawab masing-masing anggota dalam tim
2. Dampak Pengiring :
 Mempunyai kemauan untuk mengaplikasikan teknik-teknik bekerja dalam tim
 Menghargai budaya yang berbeda
 Cepat dan tanggap dalam bekerja sama dengan tim
 Saling mempercayai antar anggota tim
 Tolong menolong antar anggota tim
 Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan

II. Materi Ajar :
Pertemuan 17
 Bekerja dengan orang lain
Pertemuan 18
 Tata hubungan internal : vertikal dan horisontal
 Interpersonal relationship
 Komponen-komponen interpersonal relationship
Pertemuan 19
 Pengembangan profesionalisme kerja
Pertemuan 20
Evaluasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Cooperative learning, PQ4R, Ceramah, tanya jawab pemberian tugas, praktek, games.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 17
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Apersepsi dengan mengkaitkan kelompok pemain bola volley, bagaimana mereka mengatur strategi yang kompak untuk dapat memenangkan suatu pertandingan, mengapa harus bekerja sama.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka buku BSKP B hal 41-57 dan memberi kesempatan untuk membaca selintas materi yang ada
b. Guru menjelaskan kembali materi Bekerja dengan orang lain yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 18
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka dan membaca buku BSKP B hal 56-60
b. Guru menjelaskan kembali materi Tata hubungan internal : vertikal dan horisontal, Interpersonal relationship, Komponen-komponen interpersonal relationship yang telah dibaca dengan memberikan penekanan pokok sesuai tujuan pembelajaran
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali rangkuman materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 19
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa membuka dan membaca buku BSKP B hal 60-62
b. Guru menjelaskan materi Pengembangan profesionalisme kerja
c. Guru kemudian memberi kesempatan kembali kepada siswa untuk membaca buku lebih mendalam dengan dibarengi pemberian beberapa pertanyaan untuk dikerjakan.
d. Siswa kembali membaca sambil mengerjakan tugas latihan
e. Guru meminta siswa untuk menghentikan sejenak pengerjaan tugas dan membawa siswa keluar dari ruangan dan memberikan sebuah permainan tentang kerjasama tim
f. Masuk kembali ke ke kelas dan melanjutkan pengerjaan tugas
g. Membahas latihan yang telah dikerjakan dengan menggilir siswa untuk membaca hasil jawabannya dan menjelaskan kembali hal yang masih kabur bagi siswa
3 Penutup
a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Memberikan tugas rumah
c. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam.
Pertemuan 20
1 Pendahuluan
a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Motivasi dengan menanyakan apakah sudah siap untuk ulangan hari itu.
2 Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengumpulkan buku dan tas ke depan kelas dan menyiapkan kertas ulangan
b. Memberikan soal kepada siswa
c. Siswa mengerjakan soal ulangan dengan tenang
d. Siswa mengumpulkan kertas ulangan
e. Guru membagi kertas ulangan secara acak kepada siswa
f. Guru meminta siswa memeriksa kertas ulangan temannya dengan berdasar jawaban yang disebutkan guru.
g. Siswa mengembalikan hasil pemeriksaannya kepada guru.
3 Penutup
a. Guru meminta siswa membaca materi berikutnya dan menutup pertemuan dengan doa penutup dan salam 5

V. Bahan bacaan : - Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Modul A karangan Suyetty, S.Pd & Gita Kurniawan, SE halaman 41-64, Penerbit Yudhistira (2005)
- Team Building karangan Adi Sunarno, Penerbit Andi (2006)
- Suntingan karangan yang diambil dari internet, majalah
VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis tagihan : pekerjaan rumah, tes formatif, unjuk kerja (praktek), sikap
b. Tindak lanjut :
 Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
 Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang 70%
 Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih 70%
c. Format penilaian :
Penilaian Proses (Pengerjaan tugas, PR, Kehadiran, dll)
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kemandirian/
Kerjasama
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Portofolio
No. Nama Siswa Ketepatan Jawaban tugas Kerapihan tugas yang dibuat. Ketepatan waktu pengumpulan tugas
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Penilaian Praktek/Unjuk Kerja
No. Nama Siswa Komposisi karangan Cara/Teknik berbicara Penampilan saat berbicara Bahasa tubuh yang nampak
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5


Penilaian Sikap
Aspek yang dinilai 1 2 3 4 5
1. Keterlibatan penuh dalam tim tidak sekedar pasang nama saja
2. Kekompakkan dalam mengerjakan tugas tim
3. Kesadaran bahwa tim yang solid maka tugas akan terasa ringan


VII. Evaluasi dan Kunci Soal :
a. Soal Tes Formatif :
Jawablah dengan cermat soal di bawah ini.
1. Apa saja prinsip-prinsip bekerja sama dalam tim
2. Uraikan manfaat dan tujuan bekerja dalam tim
3. Tahapan perkembangan tim mana yang paling penuh tantangan menurut anda
4. Apa yang dimaksud karakter budaya dalam tim
5. Apa yang dimaksud dengan hubungan internal vertikal dan hubungan internal horisontal
6. Apa saja komponen-komponen interpersonal relationship
7. Sebutkan cara pengembangan profesionalisme kerja yang dilakukan perusahaan

b. Kunci Soal :
1. Prinsip-prinsip bekerja sama dalam tim :
a. Untuk meningkatkan produktivitas kelompok, para anggota harus bekerja sama dan mengerahkan segala daya upaya untuk melaksanakan tugas-tugas yang dituntut.
b. Supaya para anggota dapat memberikan investasi yang efektif dan kontribusi yang layak maka sangat penting memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial dan psikologi para anggota.
c. Meningkatnya efektifitas kerja, maka efektifitas organisasi secara umum akan membaik.
d. Membantu para anggota dalam memahami perilaku mereka serta penetapan langkah-langkah untuk mengembangkan etos kerja.
2. Manfaat dan tujuan bekerja dalam tim :
3. Karakter budaya dalam tim adalah :
4. Hubungan internal vertikal
Hubungan internal horisontal
5. Komponen-komponen interpersonal relationship
6. Cara pengembangan profesionalisme kerja yang dilakukan perusahaan
c. Tugas-tugas
1. Tugas dalam kelas : Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.



Mengetahui : Kalosi,
Kepala Sekolah, Guru Mata Diklat,


Drs. H. ABD. RAHIM L. ANAH TIRANDA, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar