Laman

Jumat, 24 Februari 2012

KODE PLASTIK YANG HARUS DICERMATI


Kemasan plastik yang sering kita pergunakan sehari-hari perlu kita waspadai, karena tidak semua bahan tersebut aman bagi kesehatan kita. Ada beberapa jenis bahan plastik yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Untuk itu perlu kiranya kita memperhatikan beberapa kode yang tercantum pada kemasan plastik. Kode tersebut berupa panah segitiga yang di dalamnya terdapat angka.
  •  Kode 1 Polyethylene Terephalate (PET atau PETE)
Kemasan bening ini hanya dapat dipergunakan untuk sekali pakai saja. Isi kemasan harus segera dihabiskan agar kandungan bahan kimia tidak terlarut semakin banyak dalam makanan/minuman. Sering dipergunakan pada air minum kemasan.
  • Kode 2 High Density Polyethylene (HDPE)
Merupakan kemasan plastik yang tidak tembus pandang. Sering digunakan sebagai kemasan obat dan makanan.
  • Kode 3 Polyvinyl Chloride (PVC)
PVC ini dianggap sebagai bahan plastik yang paling berbahaya. Biasanya digunakan pada mainan anak, bahan bangunan dan kemasan untuk produk bukan makanan.
  • Kode 4 Low Density Polyethylene (LDPE)
Biasa digunakan untuk membungkus sayuran, daging beku seperti di swalayan.
  • Kode 5 Polypropylene (PP)
Kemasan yang aman untuk makanan, minuman dan botol bayi. Bahan inilah yang digunakan oleh produsen Tupperware.
  • Kode 6 Polystyrene (PS)
Kemasan sekali pakai yang berbahaya bagi kesehatan. Jika makanan berminyak dan panas ditempatkan pada kemasan ini maka kandungan styrene dari kemasan langsung pindah ke makanan. Contohnya produk yang terbuat dari styrofoam, sendok dan garpu plastik ada pada kotak/kemasan  makanan.
  • Kode 7 untuk jenis lainnya
Semua bahan yang tidak masuk ke dalam keenam kategori di atas. Bahan bioplastik termasuk dalam kategori ini. Bioplastik yang terbuat dari tepung kentang/jagung/tebu aman digunakan sebagai kemasan makanan. Namun ada pula kemasan yang termasuk kategori ini yang berbahaya bagi kesehatan bila terkandung unsur polycarbonate.

Sebagai konsumen yang bijak tentunya kita akan berhati-hati dalam memilih produk berbahan plastik ini. Pilihlah yang tercantum kode 2, 4, dan 5. Untuk kemasan berkode 1, 3, dan 6 gunakan hanya sekali pakai saja. Untuk kode 7 dapat digunakan jika Anda yakin bahwa bahannya aman bagi kesehatan. 
Semoga info ini bermanfaat bagi kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar