Laman

Kamis, 23 Februari 2012

RPP APL SIstem Operasi &Typing

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / Gazal
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4, 5
Alokasi waktu : 5 x 2 x 45’
Standar Kompetensi : Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan aplikasi perangkat lunak
Indikator :
 Pilihan aplikasi yang dibutuhkan diidentifikasikan dengan benar.
 Keperluan sistem benar dan efisien cara penggunaannya
 Metode pencarian secara tepat, dipilih untuk penggunaan tipe informasi

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah berakhirnya pembelajaran diharapkan siswa mampu untuk :
 Menjelaskan pengertian software
 Menjelaskan pengertan sistem operasi
 Menjelaskan pengertian program aplikasi
 Menjelaskan jenis sistem operasi
 Menjelaskan jenis-jenis program aplikasi
 Menjelaskan fungsi sistem operasi
 Mengemukakan fungsi perangkat lunak
 Menjelaskan fungsi program aplikasi

II. Materi Ajar :
 Pengenalan sistem operasi
 Jenis sistem operasi
 Pengertian program aplikasi
 Jenis-jenis program aplikasi: pengolah kata, pengolah angka, pengolah presentase, pengolah data, antivirus
 Fungsi program aplikasi

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Pendekatan Pembelajaran Langsung, CTL → Metode Cooperative learning → Presentasi, Diskusi, Demontrasi, Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menggali kembali pengetahuan siswa tentang pelajaran TIK yang diperoleh sewaktu SMP
15
2 Kegiatan inti


a. Guru menjelaskan materi tentang sistem operasi
b. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
c. Guru memberikan latihan soal untuk dikerjakan dalam kelas.
d. Bersama siswa membahas jawaban latihan soal.
e. Meminta siswa untuk mengumpulkan tugas latihan 20
10
20
10
5
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 2
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Guru mereview kembali materi dari pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
10
2 Kegiatan inti


a. Guru menjelaskan tentang program aplikasi perangkat lunak
b. Guru memberikan latihan soal untuk dikerjakan dalam kelas secara berkelompok.
c. Kelompok siswa mempresentasikan dan membahas jawaban latihan soal.
d. Guru menerangkan hal-hal yang masih kurang jelas 15
20

30
5
3 Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pelajaran hari ini
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5
5

Pertemuan 3
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview kembali materi pada pertemuan sebelumnya dengan tanya jawab singkat
15
2 Kegiatan inti
a. Guru membagi siswa ke dalam 8 kelompok
b. Guru memberikan kesempatan pada kelompok siswa untuk membuka komputer
c. Siswa mengamati program-program yang ada.
d. Kelompok siswa berdiskusi tentang hasil identifikasi program perangkat lunak komputer yang diketemukan dan menuliskan hasil temuan mereka
e. Meminta tiap kelompok siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya
5

10
25

25
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kesimpulan dari kerja semua kelompok
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 4
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Guru mereview kembali materi dari pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
15
2 Kegiatan inti
a. Guru menjelaskan materi tampilan dari masing-masing perangkat lunak
b. Guru memberikan kesempatan pada kelompok siswa untuk membuka komputer
c. Siswa mengamati tampilan yang ada pada masing-masing program aplikasi.
d. Guru kembali memberikan latihan soal untuk dikerjakan dalam kelas secara berkelompok.
e. Kelompok siswa mempresentasikan dan membahas jawaban latihan soal masing-masing kelompok dan kelompok lain menanggapi kelompok yang sedang mempresentasekannya.
f. Guru menerangkan hal-hal yang masih kurang jelas 10

20

60


20
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 5 Ulangan Harian Tes tertulis
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang hal-hal yang berkenaan dengan ulangan harian
d. Siswa mempersiapkan kebutuhan ulangan masing-masing.
10
2 Kegiatan inti
a. Guru membagikan soal ulangan
b. Guru meminta siswa menanyakan bagian redaksi soal yang tidak dimengerti
c. Siswa dipersilakan untuk mengerjakan ulangan
d. Siswa menyerahkan/mengumpul hasil ulangan
e. Guru membagikan kembali hasil ulangan secara acak
f. Meminta siswa untuk memeriksa pekerjaan temannya dengan panduan jawaban dari guru 5


45
5
5
10
3 Penutup a. Meminta siswa untuk mengumpulkan kembali hsil pemeriksaan pekerjaan temannya yang telah diperiksa bersama
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

V. Sumber Bahan bacaan :
- Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP kelas VII karangan Henry Pandia, Penerbit Erlangga, halaman 73-77, 120-147
- Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK kelas X karangan Drs. Mardi, dkk, Penerbit Yudhistira, halaman 82-87
- Wikipedia


VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis penilaian : Penilaian Proses (tugas latihan, tugas diskusi, tes formatif, sikap, Kehadiran, dll)

b. Format penilaian :
Sikap
No. Nama Siswa Antusiasme mengikuti pelajaran Ketertiban Pengerjaan Tugas Kerjasama
1 2 3 1 2 3 1 2 3


Pedoman Penilaian Teori
Butir Soal Nomor Skor Maksimum Skor Perolehan
1 20
2 20
3 20
4 20
5 20
Jumlah 100

c. Evaluasi :
1. Soal Tes Formatif :
1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem operasi
2) Kemukakan fungsi dari sistem operasi
3) Jelaskan jenis sistem operasi.
4) Jela skan apa yang dimaksud dengan perangkat lunak
5) Jelaskan jenis-jenis perangkat lunak yang kau ketahui.

2. Kunci Soal :
1) Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer serta menyediakan layanan anta rmuka dengan program aplikasi dan pengguna komputer. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengeloola seluruh sumberdaya yang terdapt pada sistem komputer dan menghubungkan sumber daya itu dengan pengguna maupun dengan progr am lain
2) Fungsi sistem operasi :
- Pengorganisasian atau pengendalian kegiatan komputer
- Pengaturan memori
- Pengaturan penyimpanan di harddisk
- Pengaturan proses input dan output data
- Manajemen file
3) Jenis sistem operasi :
- DOS adalah sistem operasi yang termasuk CUI. DOS menampilkan pesan dalam bentuk teks-teks dan pengguna memberikan perintah kepada komputer dalam bentuk teks juga.
- Windows merupakan sistem tampilan grafis yang paling banyak digunakan karena kemudahan dalam penggunaannya.
- Unix , sistem ini banyak digunakan pada komputer besar seperti superkomputer yang andal untuk digunakan di jaringan komputer.
- Linux , linux dikembangkan dari sistem operasi unix. Linux merupakan sistem operasi open source, artinya siapa saja dapat mendistribusikan dan mengembangkan Linux. Saat ini linux banyak digunakan untuk komputer server di perusahaan karena tingkat kestabilannya tinggi.
4) Perangkat lunak adalah program yang berisikan kumpulan perintah yang dapat dioperasikan oleh komputer sehingga komputer dapat dioperasikan secara optimal sesuai dengan keinginan pemakai.
5) Jenis-jenis perangkat lunak :
- Pengolah kata seperti Wordstar, Chi Writer, Word Perfect, Ms.Word
- Pengolah angka seperti Lotus 123, Kspreas, MS Excel, Spreadsheet
- Software presentasi seperti MS Powerpoint,
- Software Basis data seperti Microsoft SQL Server, Oracle,MySQL
- Bahasa pemograman seperti Fotran, Cobol, Java
- Software desain grafis seperti Adobe photosop, coreldraw
- Animasi seperti Macromedia flash
- Multimedia sepertiMacomedia Director
- Program accountin seperti gDEA, MYOB
- Akses internet seperti Moxilla, firefox

3. Tugas-tugas
a. Tugas rumah: Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.


Mengetahui : Kalosi, 2 Juli 2009
Kepala SMK Negeri 1 Enrekang, Guru Mata Diklat,


Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198802 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / Gazal
Pertemuan ke : 6 - 17
Alokasi waktu : 12 x 2 x 45’
Standar Kompetensi : Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
Kompetensi dasar : Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak dalam mengolah dokumen/ naskah
Indikator :
 Aplikasi perangkat lunak dipilih sesuai kebutuhan
 Aplikasi dijalankan sesuai dengan prosedur
 Peranan yang berbeda dan bagian-bagian dari aplikasi diidentifikasi untuk fungsi tertentu

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah berakhirnya pembelajaran diharapkan siswa mampu untuk :
 Melatih penempatan jari-jari pada tuts dengan benar
 Melatih pengetikan huruf-huruf, kata-kata dan kalimat-kalimat

II. Materi Ajar :
 Mengetik 10 jari

III. Strategi dan Metode Pembelajaran : Pendekatan Pembelajaran Langsung, CTL → Metode Cooperative learning → Presentasi, Diskusi, Demontrasi, Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 6
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Menceritakan pentingnya keterampilan mengetik 10 jari
15
2 Kegiatan inti


a. Guru menjelaskan materi tentang sistem mengetik 10 jari, penempatan jari
b. Guru meminta siswa menggoyang-goyangkan jarinya seperti sedang mengetik berdasarkan ketentuan penempatan jari
c. Guru memberikan latihan soal untuk dikerjakan dalam kelas.
d. Bersama siswa membahas jawaban latihan soal.
e. Meminta siswa untuk mengumpulkan tugas latihan 20

10

20
10
5
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 7
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Guru mereview kembali materi dari pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
10
2 Kegiatan inti


a. Guru menjelaskan tentang program aplikasi perangkat lunak aplikasi mengetik 10 jari
b. Guru memberikan kesempatan pada kelompok siswa untuk membuka komputer bergiliran
c. Siswa berlatih mengetik tuts dasar a, s, d, f, j, k, l, ;, g, h 15

10

45
3 Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5
5

Pertemuan 8
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview kembali materi pada pertemuan sebelumnya dengan tanya jawab singkat
15
2 Kegiatan inti
a. Berlatih mengetik tuts di atas tuts dasar q, w, e, r, t, y, u, I, o, p 65
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kesimpulan dari kerja semua kelompok
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 9
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Mereview kembali materi pada pertemuan sebelumnya dengan tanya jawab singkat
15
2 Kegiatan inti
a. Berlatih mengetik tuts di bawah tuts dasar z, x, c, v, b, n, m 65
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kesimpulan dari kerja semua kelompok
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 10, 11,dan 12

No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Guru mereview kembali materi dari pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
15
2 Kegiatan inti a. Berlatih mengetik kata-kata 65
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 13, 14, 15, 16

No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang tujuan instruksional, kegiatan belajar, tata tertib, penggunaan fasilitas, dan keselamatan kerja
d. Guru mereview kembali materi dari pertemuan sebelumnya lewat tanya jawab
15
2 Kegiatan inti a. Berlatih mengetik kalimat dan bahan ketikan lainnya 65
3 Penutup a. Meminta salah seorang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang telah dibahas
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

Pertemuan 17 Ulangan tes tertulis dan praktek
No. Komponen Rencana Uraian Kegiatan Waktu (menit)
1 Pendahuluan a. Salam Pembukaan
b. Presensi kehadiran
c. Informasi tentang hal-hal yang berkenaan dengan ulangan harian
d. Siswa mempersiapkan kebutuhan ulangan masing-masing.
10
2 Kegiatan inti
a. Guru membagikan soal ulangan
b. Guru meminta siswa menanyakan bagian redaksi soal yangtidak dimengerti
c. Siswa dipersilakan untuk mengerjakan ulangan
d. Siswa menyerahkan/mengumpul hasil ulangan
e. Guru membagikan kembali hasil ulangan secara acak
f. Meminta siswa untuk memeriksa pekerjaan temannya dengan panduan jawaban dari guru 5


45
5
5
10
3 Penutup a. Meminta siswa untuk mengumpulkan kembali hsil pemeriksaan pekerjaan temannya yang telah diperiksa bersama
b. Guru mengakhiri pertemuan hari itu dengan doa penutup dan salam. 5

5

V. Alat / Bahan bacaan :
- Komputer
- Program Typefaster
- Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP kelas VII karangan Henry Pandia, Penerbit Erlangga, halaman 83-84
- Mengetik untuk smk , armico
VI. Penilaian dan Tindak lanjut :
a. Jenis penilaian : Penilaian Proses (tugas latihan, tugas diskusi, tes formatif, sikap, Kehadiran, dll)
b. Format penilaian :
Pedoman Penilaian Praktik
No. Kriteria Skor Maks Skor Perolehan Ket.
1 Posisi duduk : punggung tegak, kaki rapat di lantai, lengan sejajar 15
2 Posisi jari-jari pada tuts dasar 15
3 Mata tertuju pada naskah 25
4 Hasil pengetikan 25
5 Ketertiban mengerjakan tugas 20
Jumlah 100

c. Evaluasi :
1. Soal Tes Formatif :
1) Tuliskan posisi huruf pada jari-jari
2) Jari apa yang mengetik kata-kata : presiden, serakah, makassar,
2. Kunci Soal :
1)
JARI KIRI KANAN
KELINGKING Q,A,Z P,;,/
JARI MANIS W,S,X O,L,.
JARI TENGAH E,D,C I,K,,
JARI TELUNJUK R,T,F,G,V,B Y,U,H,J,N,M
IBU JARI SPASI SPASI

2) PRESIDEN : KLKn,TLKr, TGKr, MNKr, TGKn,TGKr, TGKr, TLKn
SERAKAH : MNKr, TGKr, TLKr, KLKr, TGKn, KLKr, TLKn
MAKASSAR : TLKn, KLKr, TGKn, KLKr, MNKr, MNKr, KLKr, TLKr

3. Tugas-tugas
a. Tugas dalam kelas dan Tugas rumah: Menggunakan latihan soal yang terdapat pada buku.


Mengetahui : Kalosi, 2 Juli 2009
Kepala SMK Negeri 1 Enrekang, Guru Mata Diklat,



Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 197302 200003 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar