Laman

Kamis, 23 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Genap
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 1- 7
Alokasi Waktu : 7 X 2 jam X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
Kompetensi Dasar : Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi
Indikator :
•Melakukan Kegiatan presentasi sesuai standar Public Speaking
•Alat-alat bantu visual dan peralatan digunakan secara benar

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat tampil mempresentasikan yang telah dibuatnya.
2. Siswa dapat menggunakan alat-alat yang dipakai presentasi .

II. Materi Ajar:
- Praktek presentasi
III. Metode Pembelajaran:
1. Praktek/ Unjuk kerja

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan 1:
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan pembelajaran
B. Kegiatan Inti 65 ’ :
- Menjelaskan kembali beberapa materi yang berhubungan dengan kegiatan presentasi
C. Kegiatan Akhir 10’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal 10’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
B. Kegiatan Inti 70’ :
- Satu persatu siswa disuruh tampil membawakan presentasi
- Siswa diberi kesempatan untuk menilai penampilan teman
- Berlatih menangani alat-alat yang dipakai dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 10’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.
-
Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal 10’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
B. Kegiatan Inti 70’ :
- Satu persatu siswa disuruh tampil membawakan presentasi
- Siswa diberi kesempatan untuk menilai penampilan teman
- Berlatih menangani alat-alat yang dipakai dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 10’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal 10’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
B. Kegiatan Inti 70’ :
- Satu persatu siswa disuruh tampil membawakan presentasi
- Siswa diberi kesempatan untuk menilai penampilan teman
- Berlatih menangani alat-alat yang dipakai dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 10’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 5 :
A. Kegiatan Awal 10’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
B. Kegiatan Inti 70’ :
- Satu persatu siswa disuruh tampil membawakan presentasi
- Siswa diberi kesempatan untuk menilai penampilan teman
- Berlatih menangani alat-alat yang dipakai dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 10’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 6 :
A. Kegiatan Awal 10’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
B. Kegiatan Inti 70’ :
- Satu persatu siswa disuruh tampil membawakan presentasi
- Siswa diberi kesempatan untuk menilai penampilan teman
- Berlatih menangani alat-alat yang dipakai dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 10’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 7 :
A. Kegiatan Awal 10’ :
- Salam
- Membaca Ayat suci AlQuran dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan belajar.
B. Kegiatan Inti 70’ :
- Satu persatu siswa disuruh tampil membawakan presentasi
- Siswa diberi kesempatan untuk menilai penampilan teman
- Berlatih menangani alat-alat yang dipakai dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 10 ’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari kegiatan presentasi.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

V. Sumber dan Alat Belajar
1. Buku : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi karangan Suhaimi Kosasih dan Drs. Wibowo Hendratmojo
2. Alat : Komputer, LCD Proyektor, OHP, plastik transparant

VI. Penilaian:
1. Teknik : Praktek
2. Bentuk instrument : Mempresentasikan bahan yang telah dibuat
3. Pedoman :
 Cara membuka dan menutup presentasi (pemilihan kalimat, teknik)
 Performance saat berpresentasi
 Suara


Kalosi , 14 Januari 2012
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Ganjil
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 jam X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan aplikasi presentasi
Indikator :
• Mendeskripsikan aplikasi presentasi secara umum
• Mengidentifikasi alat/ perlengkapan presentasi yang diperlukan

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi software presentase.
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh aplikasi presentasi
3. Siswa dapat mengemukakan alat-alat yang dibutuhkan dalam presentasi .

II. Materi Ajar:
- Pengertian dan fungsi software presentase
- Alat dan perlengkapan presentasi
III. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Tanya jawab,
3. Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti 60’ :
- Menjelaskan pengertian software presentase.
- Menjelaskan fungsi software presentase.
- Memberikan contoh-contoh aplikasi presentasi
- Memperlihatkan alat-alat yang dibutuhkan dalam presentasi
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

V. Sumber dan Alat Belajar
1. Buku : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi karangan Suhaimi Kosasih dan Drs. Wibowo Hendratmojo
2. Alat : Komputer, LCD Proyektor, OHP, plastik transparant

VI. Penilaian:
1. Teknik : Tulisan, penugasan
2. Bentuk instrument : Essay, Multiplechoice
3. Soal / instrument :
Bentuk Soal Essay:
1. Jelaskan pengertian software presentase!
2. Jelaskan fungsi dari software presentase!
3. Berikan contoh aplikasi presentasi yang Anda ketahui
4. Kemukakan alat-alat yang digunakan dalam membuat dan menampilkan presentasi

Kunci Jawaban:
1. Software presentase adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentase.
2. Fungsi software presentase adalah untuk membuat presentase yang berisi berupa: teks, tabel, gambar, clip art, audio, video, dan objek-objek lain termasuk efek animasi.
3. StarOffice Impress, OpenOffice Impress, Kpresenter, Microsoft Powerpoint
4. LCD Proyektor, Laptop, program presentasi




Kalosi, 9 Juli 2011
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Ganjil
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 2-3
Alokasi Waktu : 2 X 2 jam X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan aplikasi presentasi
Indikator : Mendeskripsikan etika/aturan presentasi

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menjelaskan etika yang harus dperhatikan dalam presentasi
2. Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang diperhatikan dalam presentasi

II. Materi Ajar:
- Etika Presentasi
III. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Tanya jawab,
3. Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan etika presentasi
- Menjelaskan teknik presentasi
C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 3
Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan hal-hal yang diperhatikan dalam membuat presentasi yang baik
- Menjelaskan slide presentasi yang baik
C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

V. Sumber dan Alat Belajar
1. Buku : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi karangan Suhaimi Kosasih dan Drs. Wibowo Hendratmojo
9 Presentasi Kreatif dengan Powerpoint 2007 karangan Erwin Sutomo, Penerbit Andi Yogyakarta, 2009
2. Alat : Komputer, LCD Proyektor, OHP, plastik transparant

VI. Penilaian:
1. Teknik : Tulisan, penugasan
2. Bentuk instrument : Essay, Multiplechoice
3. Soal / instrument :

1) Menjelaskan aplikasi untuk melakukan presentasi
2) Menjelaskan langkah-langkah menjalankan aplikasi presentasi
3) Mengenal lembar kerja aplikasi presentasi
4) Menjelaskan cara memformat slide
5) Menjelaskan cara mengedit teks presentasi
6) Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam presentasi
- Apa yang dimaksud dengan presentasi
- Kemukakkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berpresentasi
- Jelaskan apa yang harus dikontol dari suara saat presentasi
- Jelaskan sikap tubuh yang baik saat presentasi

Kalosi, 12 Juli 2011
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Ganjil
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 4 - 12
Alokasi Waktu : 9 X 2 jam X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
Kompetensi Dasar : Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi
Indikator : Menggunakan MS PowerPoint untuk mendesain dan mengolah informasi presentasi

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengoperasikan software presentase.
2. Siswa dapat membuat bahan presentasi

II. Materi Ajar:
1. Mengoperasikan Aplikasi presentasi
2. Membuat bahan presentasi
III. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Tanya jawab,
3. Demonstrasi,
4. Penugasan/proyek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menjalankan software presentase, baik melalui star menu maupun melalui shortcut atau icon.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara membuat file, menyimpan dan menutup dengan menggunakan program aplikasi MS. Power Point.
C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 5
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan editing yang terdapat pada text yang telah dibuat melalui MS. Power Point.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan editing yang terdapat pada kalimat yang telah dibuat melalui MS. Power Point.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara membuat numbering pada text melalui MS. Power Point.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara membuat bullet pada text melalui MS. Power Point.
C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 6
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan insert tabel ke dalam presentasi.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan insert gambar ke dalam presentasi.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan hyperlink ke dalam presentasi.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara memasukkan action button ke dalam presentasi
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara insert Header dan footer, date and time, slide number ke dalam presentasi.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara insert movie and sound ke dalam presentasi.
C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 7
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan pengaturan page setup
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara memilih dan merubah tema latar belakang presentasi
C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 8
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menambahkan dan mengatur animasi slide
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menambahkan dan mengatur animasi obyek

C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 9 - 12
A. Kegiatan Awal:
- Bersama-sama membaca ayat suci Al Qur’an.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti:
- Mengerjakan proyek pembuatan bahan ajar pesanan dari guru-guru dengan pengarahan

C. Kegiatan Akhir:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan dan didemonstrasikan.
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

V. Penilaian:
1. Teknik : Tulisan, penugasan
2. Bentuk instrument : Essay, Multiplechoice
3. Soal / instrument :
1) Menjelaskan aplikasi untuk melakukan presentasi
2) Menjelaskan langkah-langkah menjalankan aplikasi presentasi
3) Mengenal lembar kerja aplikasi presentasi
4) Menjelaskan cara memformat slide
5) Menjelaskan cara mengedit teks presentasi
6) Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam presentasi
7) Tuliskan cara menghapus slide3 yang sama dengan slide 2 sebelumnya
8) Tuliskan cara menyisipkan gambar ke dalam power point
9) Tuliskan langkah-langkah membuat slide dengan latar belakang texture yang sudah ada.
10) Tuliskan langkah-langkah memasukkan animasi untuk masing-masing point kalimat

2. Test Praktik

Teknik
Test Praktik
Bentuk Instrumen
Dinilai langsung pada saat Pelaksanaan PBM.
Contoh Instrumen
Membuat, menyimpan, dan membuka file presentase
Melakukan editing pada text, kalimat, numbering, bullet, dan melakukan pencetakan




Kalosi, 12 Juli 2011
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar