Laman

Kamis, 23 Februari 2012

RPP Mengelola Data dan Informasi di Tempat Kerja

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Ganjil
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 1 - 7
Alokasi Waktu : 7 X 3 X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengelola Data/Informasi di Tempat Kerja
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan data/informasi
Indikator :
• Data dan informasi dideskripsikan dengan tepat
• Pengumpulan data/informasi dilakukan dengan efektif

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian data dan informasi
2. Siswa dapat menganalisa jenis-jenis data
3. Siswa dapat mengemukakan sumber-sumber data/informasi
4. Siswa dapat melakukan pengumpulan data
5. Siswa dapat mengemukakan cara pengolahan data

II. Materi Ajar:
- Pengertian data/informasi
- Jenis-jenis Data
- Pengumpulan data
- Pengolahan data

III. Metode Pembelajaran:
1. Presentasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab,
4. Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan materi yang akan dijelaskan beserta tujuannya.
- Memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dijelaskan.
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan pengertian data
- Menganalisa jenis-jenis data
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru memberikan tugas.
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan metode pengumpulan data
- Memberikan tugas menggunakan pengumpulan data yang sudah dipelajari
- Membahas hasil pengumpulan data
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan pengertian informasi
- Menganalisa hal-hal yang berhubungan dengan informasi
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru memberikan tugas.
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan pengertian, tahapan, tujuan dan fungsi pengelolaan data
- Mendiskusikan tahapan pengelolaan data
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru memberikan tugas
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 5 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan sistem dan metode pengelolaan data
- Mendiskusikan sistem dan metode pengelolaan data
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru memberikan tugas
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 6
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan pengolahan data pada komputer
- Menganalisa hal-hal yang berhubungan dengan pengolahan data pada komputer
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru memberikan tugas

C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran.

Pertemuan 7
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Menjelaskan pengelolaan data dan informasi dan manfaatnya
- Menganalisa hal-hal yang berhubungan dengan tahapan pengelolaan data dan informasi
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Guru memberikan tugas
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

V. Sumber dan Alat Belajar :
1. Sumber : Modul KKPI Mengelola Informasi, Edisi III- 2005, Departemen Pendidikan Nasional.
Bacaan-bacaan di Internet yang berhubungan dengan materi
2. Alat : Laptop, LCD

VI. Penilaian:
1. Teknik : Tulisan, penugasan
2. Bentuk instrument : Essay, Multiplechoice
3. Soal / instrument :
1) Menjelaskan pengertian data dan informasi
2) Menganalisa jenis-jenis data
3) Mengemukakan sumber-sumber data/informasi
4) Melakukan pengumpulan data
5) Mengemukakan cara pengolahan data
4. Tugas-tugas :
1) Mencari data


Kalosi, 12 Juli 2011
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Ganjil
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 8 - 12
Alokasi Waktu : 5 X 3 X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengelola Data/Informasi di Tempat Kerja
Kompetensi Dasar : Melakukan pengolahan data/informasi
Indikator :
•Aplikasi perangkat lunak yang sesuai digunakan untuk melakukan pengelolaan
data
•Data yang telah diolah disajikan dalam bentuk yang diinginkan oleh pengguna

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mempraktekkan aplikasi perangkat lunak untuk mengolah dokumen

II. Materi Ajar:
- Mengaplikasikan perangkat lunak untuk mengolah data ke dalam bentuk dokumen

III. Metode Pembelajaran:
1. Presentasi
2. Tanya jawab,
3. Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan 8
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan
dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data
dengan cara wawancara
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut
menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 9
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan
dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data
dengan cara membaca literatur di perpustakaan
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut
menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 10
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 11
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 12
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

V. Sumber dan Alat Belajar :
1. Sumber : Modul KKPI Mengelola Informasi, Edisi III- 2005, Departemen Pendidikan Nasional.
Bacaan-bacaan di Internet yang berhubungan dengan materi
2. Alat : Laptop, LCD

VI. Penilaian:
1. Teknik : Tulisan, penugasan
2. Bentuk instrument : Essay, Multiplechoice
3. Soal / instrument :
1) Menjelaskan pengertian data dan informasi
2) Menganalisa jenis-jenis data
3) Mengemukakan sumber-sumber data/informasi
4) Melakukan pengumpulan data
5) Mengemukakan cara pengolahan data
4. Tugas-tugas :
1) Mencari data
2) Mengelola data menjadi informasi
3) Membuat laporan




Kalosi, 12 Juli 2011
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XII (Dua belas)/Genap
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Pertemuan Ke- : 1 - 7
Alokasi Waktu : 7 X 3 X 45 menit
Standar Kompetensi : Mengelola Data/Informasi di Tempat Kerja
Kompetensi Dasar : Melakukan pengolahan data/informasi
Indikator :
• Aplikasi perangkat lunak yang sesuai digunakan untuk melakukan pengelolaan data
• Data yang telah diolah disajikan dalam bentuk yang diinginkan oleh pengguna

I. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mempraktekkan aplikasi perangkat lunak untuk mengolah dokumen

II. Materi Ajar:
- Mengaplikasikan perangkat lunak untuk mengolah data ke dalam bentuk dokumen

III. Metode Pembelajaran:
1. Presentasi
2. Tanya jawab,
3. Penugasan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:

Pertemuan 1
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Mempresentasikan program-program tambahan baru yang membantu pengelolaan data
- Mempraktekkan materi yang telah diterima

C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Mempresentasikan program-program tambahan baru yang membantu pengelolaan data
- Mempraktekkan materi yang telah diterima
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Mengerjakan tugas pengolahan data untuk dikerjakan dalam kelas
-
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 4
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 5
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 6 :
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

Pertemuan 7
A. Kegiatan Awal 15’ :
- Membaca ayat suci Al Qur’an dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Mereview materi lalu
B. Kegiatan Inti 105’ :
- Guru mengingatkan kembali semua materi yang pernah diterima sehubungan dengan tugas yang akan diberikan saat ini
- Guru memberikan tugas secara berkelompok untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencari lewat searching engine internet
- Setelah data terkumpul siswa diminta untuk mengolah kembali data tersebut menjadi sebuah laporan
C. Kegiatan Akhir 15’ :
- Guru menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
- Bersama-sama menutup pembelajaran

V. Sumber dan Alat Belajar :
1. Sumber : Word & Excel 2007 untuk Administrasi Bisnis karangan Dwi Ninggar, Penerbit : Maxicom, 2010
Bacaan-bacaan di Internet yang berhubungan dengan materi
2. Alat : Laptop, LCD, CD Belajar

VI. Penilaian:
1. Teknik : Praktek
2. Bentuk instrument : Soal berangkai
3. Soal / instrument :
1) Soal ujian praktek tahun lalu dan yang akan diujikan
4. Tugas-tugas :
1) Membuat risalah


Kalosi, 12 Januari 2012
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Kalosi, Guru Mata Pelajaran,




Drs. ASPA ANAH TIRANDA, S.Pd
NIP. 19631231 198803 1 185 NIP. 19730206 200003 2 001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar